Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Google Groups?

Google Groups adalah salah satu penyedia layanan milis gratis yang dapat dibuat menggunakan account Google. Google Groups mirip dengan Yahoo! Groups, layanan mailing list gratis milik Yahoo!. Diskusi antar anggota milis bisa dilakukan secara online melalui websit milis tersebut maupun melalui email. Komunitas online ini walaupun gratisan tetapi memiliki fitur-fitur yang cukup bagus, sehingga sangat bermanfaat bagi anggotanya.
Google Groups memiliki fitur-fitur menarik, antara lain:
  1. Groups search: fitur pencarian groups milis yang tergabung dalam Google Groups.
  2. Profiles: profil singkat groups milis, misalnya jumlah anggota, deskripsi singkat, bahasa yang digunakan, kategori milis, hak akses anggota, group mail, feed, jumlah arsip posting, serta urutan anggota milis dengan jumlah postiong terbanyak.
  3. Rating posts: anggota milis bisa memberikan poin penilaian atau rating (skala 1-5 ) terhadap posting yang dianggap menarik. Rating diberikan berdasarkan tingkat popularitasnya. Semakin sering dibaca, posting tersebut akan memiliki nilai rating yang semakin tinggi. Tetapi, walaupun demikian para penulis posting tidak bisa memberikan rating pada tulisan mereka sendiri.
  4. Starring threads: fitur pelacakan thread (topik-topik diskusi yang saling terkait) yang pernah dilakukan hingga 200 item. Thread akan ditandai dengan tanda bintang di samping nama topiknya.
  5. Email masking: fitur penyandian alamat email agar tidak disalah gunakan oleh spammer.
  6. Group pages: pengelola dan anggota milis bisa membuat pages halaman di dalam group mereka yang berisi berbagai jenis artikel/tulisan. Halaman-halaman tersebut saling terkait melalui link, mirip dengan halaman pada situs Wiki. Fitur ini pertama kali muncul dalam versi Beta pada tanggal 5 Oktober 2006, kemudian dikukuhkan sebagai fitur resmi Google Groups pada tanggal 24 Januari 2007.
Sampai saat ini Google Groups telah memperbaharui baru dan menyempurnakan dalam diskusi online. Google Groups baru ini telah ditambahkan favorit dan folder, yang bisa digunakan untuk mengikuti melalui email, dan anda dapat menemukan entri yang belum dibaca dengan cepat. Namun Google Groups baru ini baru dalam tahap Beta. Anda masih bisa menggunakan Google Groups yang lama. Google Groups baru dapat diakses di perangkat Android™ atau Apple® iOS Anda dengan memindai kode QR ini atau mengarahkan browser seluler Anda ke https://groups.google.com/forum/m/.

Posting Komentar untuk "Apa itu Google Groups?"