Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara agar PSU komputer awet

Posted by herlydf 0 komentar

PSU atau power suply merupakan jantungnya komputer. PSU berperan mensuply atau memberikan daya kesemua perangkat yang ada dalam komputer, mulai dari motherboard, harddisk, cd rom, ram dan peripheral lainnya. Tak jarang, PSU dengan cepat bisa mengalami kerusakan dikarenakan salah penggunaan atau cara memperlakukannya yang kurang tepat. Dengan mengerti bagaimana cara merawat PSU, maka kerusakan bisa diminimalisir, atau bahkan dihilangkan, karena PSU dan barang elektronika lainnya sudah diatur masa produktifnya, kira-kira 10 tahun. Jadi PSU anda juga akan mempunyai umur sekitar 10 tahun jika digunakan dengan wajar (diluar kesalahan pabrik). Nah, dalam artikel ini, saya akan sedikit sampaikan beberapa cara merawat PSU agar awet dan tahan lama serta tau dari masalah
Berikut beberapa cara merawat PSU komputer anda:
  1. Gunakan stabiliser. Fungsinya untuk menstabilkan arus listrik yang masuk ke PSU. Listrik yang stabil akan lebih mengawetkan komponen-komponen elektronika didalamnya. Komponen yang ada didalamnya biasanya mempunyai tegangan kerja tertentu, Jika listrik di tempat anda naik turun, jelas akan mempengaruhi kerja komponen tersebut, apalagi jika kenaikan atau penurunan tegangan kerja tersbut sudah keluar dari toleransi, akan sangat membahayakan komponen-komponen PSU. Malahan jika dana anda cukup, gunakan UPS yang didalamnya sudah include stabiliser, jelas PSU anda akan semakin awet.
  2. Minimalisir peripheral dalam komputer. Hal ini untuk meminimalkan penggunaan listrik dari PSU. Semakin banyak peripheral yang terpasang, maka akan semakin besar pula kebutuhan daya, dan hal tersebut akan lebih memaksa PSU untuk kerja lebih ekstra, yang akibatnya akan lebih memperpendek umur PSU anda. Jika sekarang anda memasang 2 buah CD ROM, meding lepas 1, Jika pake 2 harddisk, mending gunakan 1 saja, Jika dalam komputer anda terdapat banyak fan (kipas), mending yang tidak begitu berfungsi membuang panas dilepas saja. Jika anda menggunakan prosesor dan motherboard yang mendukung sistem smart idle, setting agar prosesor menurunkan kecepatan ketika sedang dalam kondisi inde, yang tentunya akan lebih menghemat daya.
  3. Gunakan PSU dengan daya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda menggunakan prosesor pentium 4, maka PSU 450 watt sudah cukup. Tetapi jika anda menggunakan prosesor terbaru, seperti I7, dan motherboard seri terbaru juga, PSU dengan daya 700 watt juga kadang dianggap masih belum mampu mensuply daya secara maksimal.
  4. Bersihkan debu yang menempel pada lobang ventilasi udara, hal ini agar proses pembuangan hawa panas bisa berjalan lancar dan PSU tidak kegerahan.
  5. Jangan merombak fan PSU untuk bekerja lebih pelan. Hal ini mungkin dilakukan mengingat PSU dengan daya besar akan mengeluarkan suara bising yang besar pula, dikarenakan kipas yang ada didalamnya bekerja secara cepat agar panas bisa dengan cepat dibuang. Banyak user yang terganngu dengan suara bising tersebut, dan mereka biasanya akan mengubah konfigurasi kabel fan PSU agar bisa berputar lebih pelan dengan tujuan agar suara kipas bisa dikurangi. Tapi dengan melakukan hal tersebut, akan membuat semua komponen yang ada dalam PSU kepanasan, yang tentunya akan berakibat komponen akan cepat rusak.
  6. Jangan bongkar PSU jika bukan dalam kondisi terpaksa. Biasanya hal ini dilakukan oleh para manik komputer dan game. Meraka biasanya penasaran dengan PSU model baru. Jadi mereka ingin mengetahui dalaman dari PSU yang mereka miliki. Nah, dari sini biasanya akan borpotensi menyebabkan PSU rusak, bisa karena konsleting, kena air, salah bongkar, de el el
Nah, mungkin itu saja trik dari saya, semoga bisa menjadi rujukan atau menambah wawasan para pengunjung

0 komentar:

Post a Comment