Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pasang badge google+ di blogspot

Konon kabarnya salah satu syarat memverifikasikan si penulis artikel pada penelusuran google adalah dengan memasang badge/lencana profil Google+ di blognya, walaupun masih ada syarat lainnya yang tepatnya saya kurang tahu. Saya sendiri pernah mengecek tips-tips yang diberikan para master untuk hal tersebut dan berhasil, tetapi karena saya sering coba gonta-ganti template akhirnya tidak tampak lagi, kurang tahu bagian mana yang kurang pas he he...

Tak beda dengan lencana facebook, Google+ pun menyediakan badge/lencana yang bisa anda pasang di blog. Bagi rekan yang belum pernah memasang, mungkin artikel ini membantu. Bagi rekan yang kebetulan membaca artikel ini dan ingin mencoba sedangkan belum mempunyai account google, terlebih dulu anda harus membuatnya. Cara membuatnya bisa anda baca di artikel Cara membuat email gmail 2012.

OK, langsung saja kita ke pokok bahasan. Langkahnya sebagai berikut:
1. Agar lebih mudah masuklah ke account blog anda.

2. Setelah anda masuk, biarkan halaman Dasbor tetap terbuka, lalu anda pergi ke developers.google.com/+/plugins/badge.

3. Lihat sebelah kiri atas di bawah tulisan Google+ Platform > Plugin > Badge.

4. Pada Badge klik icon anak panah, maka akan tampak dus pilihan, yaitu : Page Config Tool dan Profil Config Tool. Page Config Tool untuk badge/lencana page/halaman Google+ dan Profil Config Tool untuk badge/lencana profil Google+ anda.

5. Misal anda ingin membuat lencana Profil Google+ maka klik Profil Config Tool. Masukkan ID  Google+ anda pada kotak Enter a Google+ profile ID.
Bagi yang belum mengetahui ID Profil Google+nya, silahkan pergi https://plus.google.com/ lalu klik pada icon Profil.
6. Lihat pada addres bar, maka akan tampak kode ID anda, silahkan copy kode angkanya saja.

Lalu pastekan pada kotak Enter a Google+ profile IDJika anda benar maka akan tampak seperti gambar di bawah ini, disertai tanda centang gi samping kanan ID anda. Anda bisa mengatur Type, Language/bahasa atau jika anda ingin iconnya saya atur pada pilihan Advanced Options.
7. Tarik rol anda ke bawah lihat kode yang tampil pada kotak Get the code. Block dan copy semua kodenya.

8. Langkah selanjutnya kita akan memasangnya di blog. Buka Dasbor yang telah anda buka pada langkah no.2 tadi, klik Rancangan pilih Tambah Gadget, klik HTML/JavaSript dan masukkan semua kodenya pada kotak Konten. Pada judul bisa anda kasih judul yang anda inginkan, kalaupun tidak tak masalah.

9. Langkah terakhir Simpan selesai dan lihat hasilnya.
 
Sumber: http://www.improve7.com/2012/04/cara-pasang-badge-google-di-blogspot.html

Posting Komentar untuk "Cara pasang badge google+ di blogspot"