Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Faktor yang memicu timbulnya jerawat

Posted by herlydf 0 komentar

Jerawat memang salah satu masalah kulit yang umum dan kerap mengganggu. Bukan hanya membuat kulit jadi tidak nyaman karena rasa nyeri yang ditimbulkannya, tetapi juga membuat penampilan wajah jadi kurang enak dilihat. Bahkan bila jerawat yang diderita cukup parah, bisa meninggalkan bekas berupa vlek hitam dan kulit tampak seperti papan parut. Siapa saja pasti akan minder bila harus punya wajah yang tak bersahabat seperti itu.
Pada dasarnya jerawat muncul akibat adanya sumbatan di saluran kelenjar minyak yang kemudian terinfeksi bakteri propionibacterium acnes. Dan terjadilan proses inflamasi atau peradangan, sehingga timbullah jerawat. Jerawat baik yang berukuran kecil tanpa peradangan (komedo), yang meradang dan bernanah di puncaknya, hingga yang sebesar biji jagung atau umumnya disebut jerawat batu (cystic acne), pada dasarnya memiliki penyebab yang sama. Dan tingkat keparahan ini yang disumbang oleh berbagai latar belakang.
Latar belakang yang pertama adalah factor keturunan. Secara genetik, peluang berjerawat dapat diturunkan melalui sifat-sifat gen yang mempengaruhi kondisi kulit sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya jerawat.
Misalnya, kelenjar minyak kulit yang overaktif dan perbedaan kemampuan regenerasi kulit yang tidak normal. Regenerasi sel kulit yang tidak normal menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada pori. Kondisi ini tentu memperbesar kemungkinan terjadinya penyumbatan pada saluran kelenjar minyak kulit dan peradangan, karena aktivitas bakteri yang memang menyukai tumpukan lemak.
Selain keturunan, faktor hormonal juga dapat memicu makin parahnya jerawat. Aktivitas hormonal yang meningkat seperti menjelang menstruasi atau di masa memasuki usia pubertas, membuat kelenjar minyak kulit menjadi overaktif.
Tetapi hal ini tidak terjadi pada semua orang, hanya pada orang-orang tertentu yang kondisi kulitnya sangat berminyak. Jadi, perubahan hormonal tidak selalu menyebabkan seseorang jadi berjerawat.
Selain faktor- faktor internal, jerawat juga bisa diperparah atau dipacu oleh faktor eksternal. Misalnya penggunaan kosmetik yang mengandung bahan minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation.
Penggunaan kosmetik atau produk perawatan seperti pembersih wajah yang terlalu berminyak (mengandung minyak) dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Begitu juga penggunaan bedak yang mengandung foundation . Foundation yang terkandung pada bedak, menyebabkan bubuk bedak menyumbat pori-pori
Sumber : http://sehatsinergis.wordpress.com/2009/01/15/faktor-faktor-penyebab-jerawat/

0 komentar:

Post a Comment