Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

gagal ginjal

Posted by herlydf 0 komentar

ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting bila terjadi gagal ginjal maka tubuh akan terlalu banyak racun racun tersebut mengganggu proses pada darah, cara yang paling mudah untuk menghindari adalah dengan minum air putih yang cukup atau sekitar 2 liter sehari bagi orang dewasa yang berat badan 50 kilogram.
gagal ginjal
gagal ginjal merupakan keadaan tidak atau kurang berfungsinya ginjal baik ginjal kanan atau ginjal kiri sesuai dengan kemampuannya, kemampuan disini untuk membersihkan sisa metabolisme ataupun racun.
racun yang seharusnya dimetabolisme oleh ginjal tidak dapat diurai maka dapat menimbulkan keracunan pada organ-organ lainnya. dapat berupa keracunan pada hati ataupun organ lain di  tubuh manusia.
keadaan pasca benturan atau trauma dapat juga dari kecelakaan, cairan ataupun darah yang mengalir keginjal yang minim dan juga tidak sesuai kebutuhan ginjal, tumor, batu ginjal merupakan penyebab yang paling sering dapat menimbulkan gagal ginjal yang sifatnya akut maupun kronis.
adapun tanda-tanda dari gagal ginjal antara lain:
  1. kurang bahkan hilangnya nafsu makan
  2. pembengkakan yang terajadi pada kaki, muka/wajah bahkan dapat diseluruh tubuh
  3. mual-mual bahkan dapat terjadinya muntah
  4. rasa nyeri pada daerah yang sakit terutama pada ginjal
  5. gangguan saraf yang mengakibatkan sensitifitas rasa berkurang
pengobatatn gagal ginjal yaitu dengan diit rendah karbohidrat, natrium dan kalium serta rendah protein, diit disini bertujuan untuk mengurangi beban ginjal dalam mengurai zat metabolik yang bersifat racun tersebut. asupan cairan dan elektrolit dibatasi sesuai dengan keluaran air kencing maupun keringat. gunakan antibiotik jika sudah terjadi peradangan dan unutk mencegah terjadinya infeksi. obat yang sering dipakai adalah ciprofloksasin sehari diminum tiap 12 jam.
kebiasaan yang sering menimbulkan gagal ginjal yaitu kurangnya konsumsi air minum dalam waktu  jangka panjang.

0 komentar:

Post a Comment