Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengelola internet dunia

Siapakah pengelola jaringan komputer dunia yang sangat besar ini? Sekarang tidak ada pengelola tunggal jaringan dunia ini, meskipun jaringan internet bermula dari hubungan 4 komputer mainframe sebagai server di Universitas AS, dan tulang punggung jaringannya (black done) dari dahulu sampai saat ini tetap di Amerika Serikat. Jaringan internet sekarang dikelola bersama-sama oleh para anggota masyarakat internet atau komunitas internet (The Internet Society) yang merupakan peleburan dari badan independen, profesional dan non-profit IAB dengan dua lembaga IAB, yaitu IETF dan IRTF.

IAB (Internet Architecture Board) adalah sebuah komite independen dan profesional yang secara sukarela (non-profit) mengelola dan mengarahkan perkembangan arsitektur internet menjadi jaringan dengan sekala besar dan berkecepatan tinggi. Di bawah IAB ada 2 kelompok tugas yang membantu, yaitu IETF (Internet Engineering Task Force) dan IRTF (Internet Research Task Force).

IETF membantu IAB mengkoordinir operasional, manajemen dan evolusi internet. IRTF merupakan badan yang membantu IAB untuk meningkatkan riset dibidang networking dan antisipasi perkembangan teknologi baru yang umumnya berfokus ke Internet Aktivasi IRTF dilakukan oleh IRSG (Internet Research Steering Group). Sedangkan tugas untuk mengkoordinir penetapan dan penentuan nilai-nilai parameter protokol diserahkan oleh IAB kepada Internet Assigned Number Authority (IANA)

Posting Komentar untuk "Pengelola internet dunia"