Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Clone Hardisk di Laptop

Hard drive atau hardisk merupakan alat penyimpanan data. untuk lebih mengamankan data pada hard drive msebaiknya hardisk di clone. Tujuannya untuk mengamankan data jika seandainya ada kerusakan pada hardisk tersebut.
Cara clone hardisk
Artikel ini akan memandu Anda tentang cara membuat cadangan, atau klon, hard drive laptop Anda ke sistem penyimpanan tanpa menggunakan program pihak ketiga.
langkah-langkah
1. Nyalakan komputer Anda. Hubungkan drive eksternal Anda, jika Anda akan menggunakan satu sebagai clone. Klik “Start” di kiri bawah layar Anda. Klik pada ikon “Run”.
2. Ketik “cmd” di prompt. Klik “OK.” Ini akan membuka jendela MS-Dos prompt, prompt hitam sederhana dengan teks “C: name> Documents and Settings \ Anda>” dengan ruang input teks berkedip.
3. Siapkan drive yang akan menggunakan (internal atau eksternal) untuk menyimpan data asli dengan membuat folder bernama “Backup” pada drive. Lakukan ini dengan mengklik kanan pada jendela drive, melayang di atas “Buat baru …” tombol pada menu yang muncul, dan memilih “New Folder.”
4. Kembali ke MS-Dos prompt dan ketik perintah berikut: “C: \> xcopy TD: \ CD: \ backup \ / s / e” Dimana TD adalah target drive yang ingin Anda clone, dan CD adalah drive yang akan clone. Sebagai contoh Anda akan ketik “C: \> xcopy c: \ d: \ backup \ / s / e” jika Anda ingin mengkloning drive C: ke D: drive.
5. Tunggu sampai proses penyalinan selesai. Setelah selesai, restart komputer Anda, kemudian arahkan ke folder Backup Anda buat pada Langkah 3. Pastikan bahwa data yang disalin.
Mengamankan data pada hardis sangat penting, apalagi data-data dalam hardisk merupakan data penting. Lebih baik menjaga daripada menyesal selamanya, semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Clone Hardisk di Laptop"