Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara Alami Melancarkan Pencernaan

Posted by Herly Deflin 0 komentar
pola makan yang kurang tepat biasanya menggangu kesehatan, diantaranya kurang lancar dalam pencernaan, akibatnya susah buang air besar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pencernaan.
Cara Melancarkan Pencernaan
Untuk menghindari masalah pencernaan tersebut, maka harus banyak makan makanan yang mengandung banyak serat, selain itu ada makanan lain yang bisa melancarkan pencernaan. Seperti yang dikutip dari Idiva, berikut 7 makanan yang dapat lancarkan pencernaan.
Apple
Bagi Anda yang tidak suka sarapan berat di pagi hari, dapat menggantinya dengan buah apel. Mengonsumsi apel di pagi hari saat perut masih kosong dapat membantu kinerja usus agar lebih lancar. Apel memiliki kadar serat dan air yang cukup banyak juga sehingga Anda akan merasa kenyang. Cocok untuk camilan saat sedang diet.
Pisang
Pisang memiliki kadar kalium dan vitamin A tinggi. Kedua zat tersebut dapat membantu mengurangi stres pada otak. Buah ini juga dapat mengatur kadar air dalam tubuh. Jadi, ketika Anda sedang diare, konsumsilah pisang karena buah ini dapat ‘mengikat’ perut sehingga rasa sakit akibat diare bisa berkurang.
Plum
Berbeda dengan pisang, buah plum kaya akan serat yang bisa mencegah datangnya sembelit. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan, yang tidak hanya membuat Anda merasa tenang namun juga membuat wajah tampak lebih muda.
Yogurt
Makanan lainnya yang dapat mencegah masalah pada perut Anda adalah yogurt. Kandungan enzim dan vitamin B12 di dalamnya, juga dapat membantu pemeriksaan bakteri yang terdapat di dalam perut. Mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat melancarkan pencernaan dan juga mengurangi bau mulut.
Gandum
Makanan yang satu ini memang kaya akan serat, folat, vitamin A dan zat yang membuatnya mudah untuk dicerna dalam perut Anda. Karena bisa membuat kenyang, gandum dapat dijadikan sebagai pengganti makanan berat lainnya. Cocok untuk makanan saat berdiet.
Jahe
Siapa sangka asam di dalam jahe dapat menyingkirkan zat-zat yang dapat membuat peradangan dalam tubuh Anda? Ya, karena jahe memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi. Cara lain untuk mengkonsumsinya adalah membuat jus jahe yang dapat mencegah mual dan sakit perut
Mint
Biasanya mint hanya dijadikan campuran dalam makanan atau minuman dan tak mengetahui manfaatnya. Padahal mint dapat mengurangi ketidaknyamanan pada lambung, mendinginkan perut dan hati Anda. Mengunyah beberapa helai daun mint setiap hari akan membersihkan sistem dalam tubuh.
Pencernaan yang lancar kurang lancar akan berdampak pada ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dengan mengkonsumsi makanan tersebut diatas, semoga pencernaan anda lebih lancar.

GUEST BLOG: Penulis dibalik Artikel ini:
Cara Cara Dot com
 | dcaracara.com

0 komentar:

Post a Comment