Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Mengenal imacros, software scripting otomatis

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Anda sering melakukan suatu pekerjaan yang berulang-ulang di browser? Misalnya submit artikel blog ke social bookmark, ping URL artikel blog ke ping directory, tag atau send message ke semua teman di facebook dan lain sebagainya. Jika ya, setidaknya anda pasti pernah merasa bosan karena melakukan pekerjaan yang berulang terus. Untuk itulah maka imacros dikembangkan. Imacros bisa melakukannya secara otomatis dan dengan kecepatan yang bisa disesuaikan.... :D

Imacros merupakan software browser automation yang tujuan utamanya adalah meng-otomasi task-task yang dilakukan melalui browser. Ada beberapa software serupa namun imacros bisa dibilang yang terbaik dan mendukung lebih banyak browser.

http://img.informer.com/wiki/mediawiki/images/2/24/Imacros.png

Imacros tersedia dalam bentuk add-on untuk internet explorer, chrome dan tentunya mozilla firefox. Add-on imacros ini gratis dan bisa langsung digunakan. Selain add-on, imacros juga tersedia dalam berbayar yaitu stand-alone program dimana program ini sudah terdapat browser terintegrasi untuk menjalankan imacros.
Add-on imacros yang paling stabil ada di mozilla firefox sedangkan untuk internet explorer dan chrome masih banyak bug dan error.
Anda bisa mengunjungi homepage imacros untuk belajar syntax-syntax imacros dan mengenal lebih jauh tentang imacros.

Untuk apa saja imacros digunakan?
Kalau mau dijabarkan sebenarnya banyak kegunaannya. Baik untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari maupun untuk yang berbau blackhat semisal auto submit social bookmark, auto re-tweet, auto posting bot dan lain sebagainya.
Dengan imacros, sekali klik biarkan imacros yang menyelesaikan pekerjaan anda. Kedengarannya hebat ya.... :D

Untuk menggunakan imacros cukup gampang. Pertama sekali anda tekan tombol record kemudian lakukan pekerjaan anda seperti biasanya, imacros akan merekam setiap URL serta tab yang dibuka, elemen-elemen web yang di klik. Ketika anda tekan STOP, imacros akan menyimpan task tersebut ke 1 file yang namanya #current.iim. Ketika anda tekan PLAY, maka aksi anda tadi akan diulang secara otomatis.

Jadi di imacros ada satu prinsip yang dinamakan "Don't Repeat Yourself", yang artinya jangan mengulang-ulang pekerjaan yang sama. Jika itu berulang-ulang dan dilakukan setiap hari, maka bagusnya pekerjaan tersebut di-imacros-kan... :D Jadi anda bisa menghemat waktu sambil melakukan kerjaan lain.

Anda tertarik mencoba? silakan pasang imacros di browser anda.
Semoga informasi ini bermanfaat dan tidak disalahgunakan... :D

GUEST BLOG: Penulis dibalik Artikel ini:
blog-tutorial-menarik
 | blog-tutorial-menarik.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment