Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Broken Link dan Panduan Cara Mengatasinya

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Sering kita menemukan sebuah link dari hasil pencarian di search engine (google), setelah kita klik ternyata tidak ada isinya alias rusak. 
Nah itulah yang dimaksud dengan broken link. Kalau di blog Saya hasilnya akan terlihat seperti ini :
contoh hasil broken link
Jadi, pengertian sederhana dari broken link menurut Saya adalah : sebuah link dari sebuah web/blog site yang mengalami kerusakan karena tidak bisa ditelusuri
Penyebab dan akibat dari Broken Link
Kira-kira apa penyebab broken link...? Ternyata, umumnya broken link disebabkan karena adanya halaman posting yang terhapus atau sengaja dihapus setelah halaman tersebut terindeks di mesin pencari (baca google).

Akibat yang bisa terjadi pada blog yang memiliki banyak broken link adalah :
  1. Link menjadi tidak valid/rusak, tidak aktif dan tidak bisa ditelusuri.
  2. Link menjadi tidak bisa ditelusuri oleh mesin robot perayap 
  3. Jika broken link terlalu banyak jumlahnya, Bot Crawl pada mesin perayap akan memberikan "tanda khusus" pada blog kita. Atau malah bisa-bisa, blog dikirim ke sandbox.
Nah, hal ini bisa diartikan bahwa secara SEO, broken link akan menyebabkan blog berpotensi bisa kehilangan keyword / kata kunci di dalam mesin pencari.

Cara mengetahui broken link 
Ada cara mudah untuk mengetahui berapa banyak broken link yang ada di sebuah blog. Kita bisa memanfaatkan situs pencari broken link, misalnya saja dari situs Link Checker (klik untuk menuju ke situsnya). Anda tinggal memasukkan alamat blog dan kemudian masukkan Chapcja lalu tekan Enter, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :
broken link
dari gambar di atas, yang diberi warna merah adalah broken link.
Cara Menghapus Broken Link
Untuk menghapus broken link, bisa dilakukan dengan memanfaatkan tool webmaster milik google. Jadi anda harus sudah mendaftarkan blog anda di google webmaster dahulu. Disini, Saya anggap blog anda sudah terdaftar di google webmaster (www.google.com/webmasters/tools/)
Setelah login klik blog anda yang ingin anda maintenance. Misalnya seperti blog tukang toko online (gambar di bawah ini )
homepage google webmaster tool
Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dashboard webmaster tool seperti berikut ini :
dashboard google webmaster tool
klik untuk memperbesar gambar
Anda juga bisa melihat broken link dari blog anda, yaitu dengan mengklik pada tulisan: tidak ditemukan (contoh dalam gambar di atas ada 8 Tidak ditemukan).
broken link 1
klik untuk memperbesar gambar
Setelah anda klik, akan muncul broken link dari versi webmaster tool ini (dalam contoh di atas, ada 8 broken link). Selanjutnya klik masing-masing linknya dan copy link tersebut. Sebagai contoh saya ambil link nomor 1 (lihat gambar di bawah ini).
broken link 2
klik untuk memperbesar gambar
Selanjutnya Copy link tersebut. Lalu klik tab pengoptimalan >> hapus URL.
broken link 4
klik untuk memperbesar gambar
Kemudian pada halaman seperti gambar di atas klik Buat permintaan penghapusan baru. Lalu paste/masukan broken link yang sudah anda copy tadi ke dalam kolom yang tersedia (lihat gambar di bawah).
broken link 5
klik untuk memperbesar gambar
Selanjutnya klik tombol terus, dan anda akan di bawa ke halaman berikut ini :
broken link 6
klik untuk memperbesar gambar
Pada kolom alasan, pilih : Hapus laman dari hasil penelusuran dan cache. lalu klik tombol Kirim permintaan. Dan akhirnya broken link anda sudah dalam proses dihapus oleh google (biasanya proses butuh waktu paling cepat 2 hari).
Broken link 7
klik untuk memperbesar gambar
Ulangi langkah-langkah menghapus broken link tersebut untuk semua broken link yang dimiliki oleh blog anda. 
Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment