Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercantik Blog Dengan Tata Letak Blog


Cara Mempercantik Blog
Berbicara soal mempercantik blog, pasti sobat-sobat sering bertanya-tanya apa sih yang membuat blog itu di bilang cantik? atau bagaimana  sih cara mempercantik blog itu, sesuai dengan judul postingan kali ini maka kita akan membahasnya satu persatu.
mempercantik blog, berkaitan dengan hal ini salah satunya adalah template daripada blog itu sendiri, tata letak daripada widget dan isi dari pada postingan blog itu sendiri, bagi saya blog yang dibilang cantik adalah bukan dari kelihatannya saja tetapi dari isinya serta kecepatan menampilkan isi dari blog itu sendiri, karena berbicara soal kecantikan kalau di manusia ada yang bilang begini "Cantik itu Bukan Dari Luarnya Saja Tapi Cantik Dalam Itu Juga Penting" sehingga blog itu akan terlihat cantik dari luar dan dalam, nah untuk mempercantik blog itu sendiri tidaklah sulit, karena hanya membutuhkan semangat, wawasan, serta kesabaran. untuk itu tetaplah bersabar untuk terus membaca isi postingan kali ini karena dalam postingan kali ini kata akan belajar bagaimana cara mempercantik blog, sehingga sobat-sobat tidak akan merasa kesulitan lagi untuk susah-susah mencari cara untuk mempercantik blog. sedikit memuji blog saya ini terlihat cantik bukan. he..he..he..he...!!! ^_^
Oke, Tidak usah berlama-lama Seperti Kata Parto langsung saja kita ke TKP he..he..he..he....!!!
Cara Mempercantik Blog
Nah untuk mempercantik blog, blogger memberikan kita 5 fitur yang tanpa kita sadari 2 telah kita bahas pada postingan sebelumnya, dan dalam hal ini kelima fitur tersebut adalah :
  1. Post blog;
  2. Laman blog;
  3. Tata Letak blog;
  4. Template blog; dan
  5. Setelan blog.
Nah dengan kelima hal di atas kita sudah dapat mempercantik blog kita, post atau postingan blog adalah hal yang terutama dalam mempercantik blog, karena dari situlah akan ada banyak orang yang berkunjung di blog sobat-sobat sekalian, karena blogger telah memberikan fitur untuk kita dapat membuat isi postingan kita menarik dan membuat orang-orang yang berkunjung ke blog kita menjadi betah dan berlama-lama di blog kita. dan yang membuat orang berlama-lama membaca isi blog kita adalah isi dari blog itu tentunya, maka dari itu kita harus memiliki wawasan yang luas sehingga apa yang kita kasih kepada para pembaca dapat memuaskan keinginan pembaca.
Selain itu kita juga telah membahas Laman blog, dan di situ sudah jelas cara membuat laman serta menu pada blog sobat-sobat sekalian, tapi jangan lupa juga untuk memberikan hal yang menarik terhadap halaman yang telah sobat-sobat buat. sehingga orang-orang yang membuka laman yang sobat-sobat buat akan menjadi betah berlama-lama di blog sobat-sobat sekalian, sehingga sekali lagi sobat-sobat membutuhkan wawasan yang luas, dan wawasan yang luas tidak perlu kita susah-susah ke toko buku atau tempat-tempat yang dapat menguras uang kita, karena di internet ada begitu banyak wawasan yang dapat dijadikan postingan yang menarik, selain itu manfaatkan pelajaran di sekolah untuk di jadikan postingan blog. selain itu saya juga mau mengingatkan kepada sobat-sobat sekalian agar jangan copy paste isi postingan orang lain tapi berusahalah mengembangkan postingan orang lain menjadi postingan sobat-sobat sekalian yang lebih menarik daripada postingan orang lain.
Nah kedua hal di atas telah kita bahas dan itu dapat teman-teman berkunjung di sini
Kalau isi daripada blog kita sudah cantik, tinggal bagaimana kita mempercantik bagian luar blog kita. dan untuk pelajaran kali ini kita akan memulainya dari :
Mengenal Tata Letak Blogger :
Seperti telah teman-teman liat Tata Letak akan nampak seperti pada gambar berikut ini :
Cara Mempercantik Blog
Nah untuk melihat laman ini pertama-tama :
  • Masuk atau login ke akun blogger sobat-sobat sekalian;
  • Pilih blog sobat-sobat sekalian yang ingin sobat-sobat edit tata letaknya;
  • Pilih Menu Tata Letak.
Setelah sudah mari kita mulai membahasnya satu persatu.
Isi Tata Letak
Isi dari tata letak blogger itu sendiri terdiri dari 5 yakni :
  1. Favicon;
  2. Navbar;
  3. Widget;
  4. blog posts; dan
  5. Attribution;
Favicon
Favicon adalah fitur yang di sediakan oleh blogger untuk menambah icon blog kita dengan mudah seperti punya saya, yang terlihat pada title / judul blog saya, ada gambar kecil yang disebut icon, berdasarkan masalah yang cukup sulit itu, dulu ada begitu banyak pengguna yang bertanya bagaimana cara membuat icon blog pada title / judul blog, sehingga blogger menambah fitur ini agar sobat-sobat tidak perlu lagi mengutak atik HTML, dan lain sebagainya. cukup dengan carai seperti di bawah ini.
  • Sediakan gambar tipe .png yang memiliki ukuran 129 x 129 yang berukuran dibawah 100kb;
  • Buka antarmuka blogger, klik nama blog yang ingin kita edit, klik tata letak blog;
  • Klik pada bagian Favicon yang bertuliskan edit, sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini.
Cara Mempercantik Blog
  • Kemudian klik pilih berkas yang akan membawa kita pada isi komputer kita, tinggal cari dimana icon yang telah sobat-sobat buat;
  • Simpan;
Nah cukup jelas bukan, itulah langkah awal mempercantik blog, sekarang blog kita telah memiliki icon, jika masih ada yang kurang jelas berikan komentar sobat-sobat sekalian.
Navbar
Navbar, tidak usah panjang lebar lagi langsung saja lihat pada gambar di bawah ini :
Cara Mempercantik Blog
Nah, sudah jelas bukan apa itu navbar? tapi bagaimana cara mengganti warna navbar tersebut? caranya mudah klik pada navbar yang bertuliskan edit maka akan muncul pilihan warna navbar setelah itu klik selesai, mudah bukan. tapi jika sobat-sobat yang tidak tertarik dengan yang namanya navbar, navbar tersebut dapat di hilangkan tapi untuk pelajaran tersebut nanti kita bahas pada pelajaran berikutnya. sika ada yang kurang jelas berikan komentar sobat-sobat sekalian.
Widget
Widget adalah gadget yang merupakan salah satu fitur dari blogger yang mempermudah kita untuk membuat atau menambahkan ikhtisar dari blog kita berupa Entri Populer, Search Engine Google, dan masih banyak lagi seperti yang terlihat pada blog saya ini yang terdapat pada bagian samping atas dan bawah. itulah widget. Nah bagaimana cara menambah widget pada blog sobat?
  • Seperti biasa buka dulu antarmuka blogger Tata Letak blog yang ingin kita edit;
  • Cari tulisan tambah gadget maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini;
Cara Mempercantik Blog
  • Lihat widget yang ingin kita tambahkan ke blog kita jika sudah klik pada gambar + untuk menambahkan widget tersebut pada blog kita kemudian klik simpan.
Nah cukup jelas bukan apa itu widget, tinggal tambahkan komentar sobat-sobat sekalian jika masih ada yang kurang jelas.
Blog Posts
Blog posts pada tata letak adalah posisi tempat postingan kita, dan isi apa saja yang akan kita tampilkan pada postingan kita akan kita bahas secara terperinci di sini, untuk mengedit isi tampilan postingan blog ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Masuk pada antar muka blog dan pilih tata letak blog yang ingin kita edit;
  • Klik edit pada blog posts sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini;
Cara Mempercantik Blog
  • Jika sudah kita akan bahas satu persatu dari tampilan di atas;
    1. Jumlah Postingan Di Halaman Utama; ini di gunakan untuk mengatur berapa banyak postingan yang akan muncul di halaman beranda blog sobat-sobat sekalian, rubah angka yang ada untuk merubah banyaknya postingan;
    2. Teks tautan laman entri; digunakan untuk merubah tulisan Read More >> menjadi sesuatu yang berbeda seperti jika sobat-sobat ingin merubah tulisan Read More >> tersebut dengan Terus Membaca atau lain sebagainya, tinggal ganti tulisan tersebut;
    3. Kemudian mengatur tampilan tanggal entri tinggal klik pada panah kecil di sebelah jenis tanggal maka akan muncul beberapa jenis tampilan tanggal, mudah bukan?.
    4. Kemudian untuk merubah tulisan Diposkan Oleh tinggal diganti tulisannya misalnya menjadi Penulis Blog atau lain sebagainya, tergantung selera sobat-sobat  blogger;
    5. Dan kebawah-nya lagi ada beberapa hal yang sama dengan pembahasan ke-4 itu cara kerjanya sama tinggal ganti tulisan tersebut sesuai selera sobat-sobat sekalian;
    6. Selain daripada itu ada yang namanya centang yang berfungsi untuk memilih apa saja yang akan di tampilkan pada halaman postingan sobat-sobat sekalian.
  • Mengatur Tata Letak Postingan; untuk hal ini pada halaman yang sama ada tampilan seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Cara Mempercantik Blog
  • Berdasarkan tampilan di atas saya rasa sudah cukup jelas bagaimana cara kerjanya, tapi jika ada yang belum jelas saya akan menjelaskan, untuk mengaturnya tinggal klik tahan pada bagian yang ingin kita pindahkan posisinya dan seret kep tempat yang di inginkan, seperti punya saya saya memindahkan label dan jumlah komentar ke bagian atas dan lainnya di bagian bawah, giman jelas bukan.
  • Dan langkah terakhir Klik Simpan.
Nah saya rasa untuk tata letak blog posts ini sudah cukup jelas tapi jika sobat-sobat ada yang masih belum paham berikan komentar sobat-sobat sekalian.
Attribution
Attribution adalah foother dari blog kita seperti terlihat pada blog saya yang paling bawah nah seperti biasa untuk foother ini ada banyak orang yang bertanya cara membuat tulisan copyright pada blog, dengan attribution ini kita tidak perlu lagi belajar susah-susah untuk bagaimana cara membuat foother blog, karena attribution itu sendiri adalah jawaban dari permasalahan, klik edit pada attribution tersebut maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini;
Cara Mempercantik Blog
Setelah terbuka jendela baru seperti tampilan pada gambar berikut ini, masukan judul blog sobat-sobat sekalian beserta kode copyright nya, dan untuk © copyright 2012 dapat di kopi dari sini setelah itu klik simpan, selamat mencoba. dan jangan lupa komentar apabila kurang jelas. terkadang ada juga yang ingin menghilangkan attribution ini dan cara menghilangkan attribution tersebut akan saya tambahkan juga ke dalam postingan saya berikutnya.
Informasi :
Setiap melakukan pengeditan tata letak jangan lupa untuk melakukan Pratinjau dan Simpan Tata Letak, agar tersimpan secara maximal.
Nah muda-mudahan postingan kali ini bermanfaat ya...!!! Sekali lagi berikan komentar sobat-sobat sekalian jika masih ada yang kurang dimengerti. Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya. yakni tentang Cara Mempercantik Blog Dengan Template Blog.

Posting Komentar untuk "Cara Mempercantik Blog Dengan Tata Letak Blog "