Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Pada search engine Google, kita sebagai author blog akan diberi kesepatan untuk muncul dalam hasil SERPnya. Bila suatu blog memiliki seorang author yang dikenal baik oleh Google maka nilai posting yang ditulis dalam blog tersebut akan menjadi baik dan berkredibilitas sehingga postingan tersebut akan memiliki peluang memperoleh posisi yang bagus di halaman pencarian Google.
Dalam hal SEO memperoleh kepercayaan Google sebagai seorang author sangatlah penting apalagi saat ini Google telah memakai algoritma Google Panda, tentunya Google hanya ingin mendapatkan hasil SERP yang baik melalui penulis – penulis yang ia percayai. Untuk itu, kita perlu mengusahakannya supaya kita dikenal Google sebagai author blog yang kompeten.
Satu – satunya cara untuk mewujudkannya ialah dengan memunculkan nama kita di authorship content pada halaman pencarian Google search.


Berikut langkah – langkah yang bisa kita tempuh supaya nama kita muncul sebagai authorship content di Google search :

A. Edit Profile Google+

1. Buka profile di Google+, bila belum memiliki profile Google+ silahkan membuat akun baru di alamat https://plus.google.com
2. Edit profile Google+ kita, jangan lupa untuk mengisi hal yang penting seperti
- Kontributor untuk
Pada bagian ini, silahkan klik link Tambahkan tautan ubahsesuai, isi url blog kita kemudian pilih opsi siapa saja yang dapat melihatnya misal Hanya anda, berarti yang dapat melihat link tersebut hanya kita saja saat sign in di akun Google+. Setelah itu baru klik tombol Simpan.
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search
- Rumah / kantor
Kita dapat memilih salah satu opsi atau kesemua opsi rumah dan kantor untuk di isi dengan email kita. Pertama pilih email dan masukkan nama email kemudian pada lingkaran anda, kita dapat memilih siapa saja yang dapat melihat email kita dan saran yang terbaik untuk kita sebaiknya email tersebut hanya dapat dilihat untuk kita saja agar tidak ada seseorang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkannya untuk hal negative. Setelah itu klik Simpan.
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search
3. Bila pengeditan seluruh data diri kita telah selesai klik link Pengeditan Selesai.
4. Langkah ke-4, klik link verifikasi.
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search
5. Kemudian masuk ke akun email kita untuk melihat email verifikasi yang dikirim
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search
Klik url verifikasi tersebut.
6. Bila telah berhasil akan muncul halaman pemberitahuan seperti berikut :
>

B. Tambahkan link author dalam blog

Ada dua cara untuk menambahkan link author di blog kita, pilih salah satunya :
1. Google Profile
Kita kunjungi link disini untuk mendapatkan code dari google profile kita. Kemudian pada bagian Enter URL Profile, silahkan sahabat isi url profile Google selanjutnya pilih ukuran gambar dan terakhir copy kode tersebut dan paste di dalam blog kita. Taruh di tempat mana saja yang kita sukai.
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search
2. Memasang link author
Alternatif lain adalah dengan memasang link author ke dalam blog kita.
Kode :
<a href="[url_Google+]?rel=author">Nama Author</a>
Pada bagian href, silahkan isi url profile Google+ kita dan untuk anchor text silahkan isi dengan nama kita. Perlu diingat bahwa nama author dalam blog haruslah sama dengan nama kita di profile Google+.
Contoh kode hasil :
<a href="https://plus.google.com/105728382838447170741?rel=author">Rina As</a>

Langkah ini tidak berhenti sampai disini, kita juga harus menambahkan kode berikut di atas tag </head>
<link href='[url_Google+]' rel='author'/>
Sekali lagi, kita isi dengan url profile Google+ kita masing - masing sehingga nantinya akan seperti contoh ini :
<link href='https://plus.google.com/105728382838447170741' rel='author'/>
Untuk melihat apakah google berhasil mengekstrak link author yang kita pasang dalam blog, kita dapat mempergunakan Rich Snippets Testing Tool
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search

C. Mengirimkan Authorship Request

Setelah langkah A dan B selesai kita lakukan maka bagian yang terakhir adalah kita diharuskan untuk mengirim permintaan tersebut pada halaman Authorship Request di alamat Authorship Request seperti berikut :
Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search
Kita isikan First name dan Last name yang sama dengan nama pada author blog, isi email yang sama pula dengan email yang baru saja kita verifikasi di akun Google+ dan untuk Link to your Google Profile, isikan url link author yang telah kita sisipkan dalam blog. Centang kotak dan berikan sebaris kalimat pada kotak comment kemudian klik tombol Kirim dan permintaan telah selesai dilakukan...

Semoga ulasan tentang Cara Memunculkan Authorship Content di Google Search dapat bermanfaat untuk sahabat blogger semua..

Sumber

Artikel Lainnya

0 komentar:

Post a Comment