Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara Mengatasi Duplicate Meta Description, Short Description dan Long Description

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Pada suatu blog, meta tag description yang tersisipkan dalam blog kita dimanfaatkan oleh spider bot untuk membantu menganalisa isi dari semua halaman blog kita.
Bila suatu ketika spider bot menemukan meta description di setiap halaman blog kita sama, spider bot akan menilai secara sepihak isi semua halaman yang terdeteksi mengalami duplicate meta tag adalah sama dan keadaan ini akan membuat kualitas halaman – halaman blog kita menjadi buruk dimata search engine khususnya google.

Cara Mengatasi Duplicate Meta Description, Short Description dan Long Description

Untuk mengatasi masalah duplicate meta description yang terjadi dalam blog kita, ada cara khusus yang dapat kita tempuh.


Untuk blogspot berikut cara mengatasi duplicate meta description :

Supaya dalam platform blogspot kita tidak terdeteksi adanya duplicate meta description alangkah baiknya bila di antara meta tag description yang kita pasang dalam template blogspot diimbuhkan 2 baris script <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> dan </b:if>. Kita letakkan script ini mengapit meta tag description. Secara lengkap script meta description untuk template blogspot kita menjadi seperti ini :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi blog " />
</b:if>

Untuk wordpress self hosting berikut cara mengatasi duplicate meta description :

Bagi sahabat blogger yang menggunakan platform blog wordpress self hosting, anda dapat menginstall useful plugin All In One SEO Pack dari Michael Torbert. Bila kita menggunakan plugin ini kita dapat mensetting meta description yang berbeda untuk setiap posting blog termasuk pada homepage blog wordpress self hosting.
Cara Mengatasi Duplicate Meta Description, Short Description dan Long Description

Bagaimana cara mengatasi short description dan long description

Begitu pula dengan panjang dan pendeknya meta description harus kita perhatikan. Jika meta description blog terlalu pendek spesifikasi isi suatu halaman tidak akan didapat oleh spider bot dan bila meta description terlalu panjang, blog kita bisa dianggap spam oleh spider bot dan tentunya semua masalah duplicate meta description ini dapat memberi dampak buruk pada hasil perankingan blog di halaman search engine.
Cara mengatasi supaya meta description yang kita pakai tidak terlalu panjang ataupun pendek adalah kita perlu memilih sebuah kalimat deskripsi yang jelas, padat, berisi yang dapat menjelaskan isi halaman blog secara baik.
Membuat sebaris kalimat deskripsi adalah sebuah PR besar bagi kita sebagai seorang webmaster. Temukan meta description yang pas dan sesuai dengan blog kita. Semoga sukses buat sahabat blogger sekalian...

Terima kasih sudah membaca posting Cara Mengatasi Duplicate Meta Description, Short Description dan Long Description, semoga dapat member manfaat bagi sahabat blogger...

Sumber

Artikel Lainnya

0 komentar:

Post a Comment