Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara menghindari dan memperbaiki blog yang index google-nya terus berkurang

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Beberapa hari ini saya dikejutkan dengan masalah berkurang halaman yang diindex oleh google pada salah satu blog yang saya kelola. Hati saya sempat berdebar-debar jangan-jangan blog saya di banned oleh google. Hari minggu masih di index sampai 99 halaman (dalam hati saya berpikir bisa-bisa menembus 100++ halaman nih di hari senin), eh tahu-tahunya tiba-tiba di hari senin dan selasa kemarin jatuh sampai hanya 86 halaman. Mulailah saya sibuk mencari-cari jawabannya di google search engine, baik di blog yang berbahasa inggris dan bahasa Indonesia. Akhirnya saya dapat solusinya dan pada hari ini (Kamis) halamannya sudah diindex sampai 98 halaman. Mudah-mudahan tidak berkurang lagi.
Berikut ini cara-cara yang saya lakukan, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

  1. Perbaiki artikel yang mempunyai isi yang sama. Kebetulan pada hari Jumat minggu lalu saya ada posting satu artikel yang memiliki 2 paragraf copy paste dari posting sebelumnya. Jadi saya melakukan perubahan beberapa kalimat agar memiliki arti yang sama tapi kalimatnya berbeda.
  2. Short Meta Description (posting yang memiliki jumlah kata yang sedikit), pada hari Jumat saya juga ada posting satu halaman (page) dengan judul "Hubungi Kami" yaitu halaman contact form yang hanya memiliki 5 kata. Hal ini dikarena saya memakai plugins dari wordpress. Jadi saya tulislah beberapa keterangan tentang halaman "hubungi kami"
  3. Duplicate tittle tag (ada tag yang duplicate atau sama), rupanya "tag" yang saya masukkan ke artikel saya ada yang sama dengan nama di "category" dan itu juga dilarang oleh google (baru tahu saya). Jadi saya hapus nama tag yang sama dengan nama category. Contoh di kategori ada kata "SEO" jangan lagi pakai kata tersebut di tag, inilah dinamakan duplicate tittle tag.
Cara mengetahui kesalahan yang terjadi di blog kita adalah :


  1.  Masuk ke dashboard google webmaster tools  https://www.google.com/webmasters/ (jika belum ada account, silakan sign up / daftarkan. Ini akan sangat membantu kita untuk memantau blog kita).
  2. Kemudian ke Optimization > HTML improvement
  3. Jika terjadi kesalahan maka akan ada tulisan yang berwarna biru (dalam kasus saya adalah short meta description dan duplicate tittle tag)
  4. Klik dan lihat kesalahan kita
  5. Perbaikilah kesalahan tersebut di blog kita melalui edit posting.
cara mengetahui kesalahan blog kita
Setelah lakukan perbaikan, saya juga melakukan ping ke google lewat http://googleping.com dan submit beberapa artikel ke sosial bookmark seperti vivanews dan infogue.


Sekian, semoga bermanfaat...



Selamat Mencoba....

Artikel Lainnya

0 komentar:

Post a Comment