Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Gatal Saat hamil Pertama

Posted by Herly Deflin 0 komentar
DOK, saya sedang hamil anak pertama. Usia kandungan saya sekarang dua bulan. Tapi kenapa ya Dok, belakangan saya sering merasa gatal-gatal yang luar biasa di seputar area selangkangan hingga sering saya garuk dan menimbulkan lecet?
Sebelum hamil saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Lalu, apa betul tidak boleh menggaruk area yang gatal tersebut? Mengapa?
Reynamitha-Bengkulu
Jawab:
dr. Agung Witjaksono, SpOG dari Rumah Sakit Gandaria mengatakan, melihat kondisi Ibu, ada beberapa kemungkinan penyebab rasa gatal yang Ibu keluhkan. Pertama, bisa jadi karena bakat alergi misalnya alergi terhadap jenis bahan pakaian dalam yang dipakai. Kedua, kurangnya kadar air dalam tubuh (akibat kurang minum atau mual dan muntah yang berlebihan).
Kedua, hal  tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering sehingga menimbulkan rasa gatal. Selanjutnya gatal bisa saja muncul karena ada jamur yang tumbuh di daerah selangkangan. Adanya jamur dapat menimbulkan rasa gatal yang hebat.
Pengaruh Emosi
Penyebab lain, meski jarang terjadi akan tetapi dapat saja dialami seperti ketidakstabilan emosi. Namun dalam hal ini gatal-gatal terjadi secara menyeluruh tidak hanya di sekitar area selangkangan.
Lalu ada pula rasa gatal menyeluruh yang kemungkinan terjadi akibat penumpukan bilirubin dan asam empedu ringan (kolestasis ringan anikterik) dalam tubuh Ibu. Karena ringan, penumpukan ini memang tidak sampai menimbulkan warna kekuningan pada tubuh. Ini terjadi karena perubahan kadar hormon estrogen dan progestin dalam tubuh Bumil.
Jika pengeluaran bilirubin dan asam empedu dari hati terganggu maka kadarnya dalam darah akan meninggi. Inilah yang menimbulkan gatal-gatal di kulit. Tapi sekali lagi, angka kejadian kasus ini sangat kecil.
Cara Mengatasi
Untuk mengurangi rasa gatal-gatal tersebut, Ibu dapat melakukan:
1. Jika saat ini Ibu mengenakan pakaian dalam berbahan polyester, sutra, atau satin, coba ganti dengan yang berbahan katun.
2. Jika gatal terjadi akibat kurang minum atau mual dan muntah yang berlebihan, upayakan minum (dalam porsi kecil) sesering mungkin.
3. Apabila gatal bukan karena alergi ataupun kurangnya kadar air, maka kemungkinan yang terjadi adalah karena jamur. Untuk itu, Ibu sebaiknya menemui dokter spesialis kebidanan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengatasi gatalnya.
4. Jangan garuk area yang gatal karena dapat menimbulkan lecet yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya infeksi di luka lecet tersebut. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

0 komentar:

Post a Comment