Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Jenis Minuman Untuk Kesehatan Jantung

Posted by Herly Deflin 1 komentar
Faktor genetik dapat mempengaruhi risiko seseorang untuk mengidap penyakit jantung. Tetapi kabar baiknya, penyakit ini sebagian besar dapat dicegah. Kita mungkin pernah mendengar nasihat bijak yang mengatakan, untuk menjaga jantung tetap sehat, maka harus mengonsumsi makanan begizi dan teratur berolahraga.
jantung e1337215835938 Jenis Minuman Untuk Kesehatan Jantung

Jenis Minuman Untuk Kesehatan Jantung

Namun bukan cuma perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk menekan risiko sakit jantung. Apa yang anda minum juga bisa membuat perbedaan. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang disarankan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung :
  • Kopi. Kelebihan minum kopi berbahaya buat jantung. Namun, dengan jumlah yang tidak berlebihan, kopi justru memperkecil risiko keluhan kardiovaskular. Porsi yang disarankan tidak lebih dari dua gelas per hari. Dalam jangka panjang, menurut sebuah studi, mengurangi sekitar 20 persen risiko penyakit kardiovaskular termasuk jantung dan stroke. Tapi, kalau anda termasuk kategori orang yang insomnia, gelisah, dan mudah lelah, sebaiknya porsi kopi hanya maksimal satu cangkir per hari.
  • Jus delima. Buah yang dagingnya kecil-kecil ini punya antioksidan tiga kali lebih tinggi dari anggur merah dan teh hijau. Kemampuan buah ini dapat mengurangi timbunan kolesterol dan melancarkan darah menuju jantung. Sebaiknya konsumsi jus delima tanpa pemanis.
  • Anggur merah. Yang dimaksud adalah anggur merah yang sudah dibuat minuman. Senyawa resveratrol pada minuman ini berkhasiat mencegah penggumpalan darah dan bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL). Penyajiannya untuk pria sebaiknya tidak lebih dari dua gelas, dan untuk wanita tidak lebih dari 1,5 gelas. Perlu diperhatikan, minuman ini punya kandungan alkohol.
  • Teh hitam. Jenis teh ini bermanfaat mengurangi kolesterol jahat (LDL), memperbaiki fungsi pembuluh darah, melancarkan laju darah di arteri koroner, dan mengurangi risiko stroke serta jantung. Menyeduh teh hitam sebaiknya agak lebih lama agar fitokimia yang dikandung bisa diperoleh lebih maksimal. Minumlah selagi panas atau hangat. Teh hitam bisa dikonsumsi beberapa cangkir tiap hari.
  • Teh hijau. Teh yang tidak mengalami fermentasi ini punya antioksidan tinggi yang mencegah penyakit yang melibatkan arteri koroner, termasuk jantung. Rutin mengonsumsi teh hijau juga mengurangi kolesterol dalam darah dan membuat darah tidak beku. Disarankan untuk minum teh hijau 1-3 cangkir per hari.
  • Air putih. Air berasa tawar ini punya manfaat mencegah dehidrasi. Orang yang kekurangan cairan punya risiko mengalami pengentalan darah yang berkontribusi pada munculnya risiko serangan jantung. Tekanan darah juga ikut naik seiring dengan akutnya dehidrasi. Cukupilah cairan tubuh yang setara 6-8 gelas per hari.
(sumber: sidomi.com)

1 komentar:

jantung korner said...

trimakasih buat tips nya
smoga bisa bermanfaat ya gan ;)

Post a Comment