Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Makanan Sehat Untuk Jantung

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling penting dan paling diperhatikan kesehatannya. Mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat jantung bisa jadi salah satu cara untuk merawatnya.
Berbagai jenis makanan tersedia untuk dinikmati, tapi bila makan enak tapi tetap sehat itu lebih baik. Berikut adalah makanan sehat untuk jantung yang dapat anda konsumsi setiap hari, sebagai makanan pokok atau pun camilan saja seperti dikutip dari Health.
jantung Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan Sehat Untuk Jantung

Oatmeal
Oatmeal merupakan panganan dari gandum utuh yang mengandung minyak omega 3, folat, dan potasium.  Semua kandungan tersebut dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang membahayakan jantung serta membantu membersihkan pembuluh darah dari flek.
Salmon
Ikan satu ini kaya akan omega-3, salmon dapat menurunkan tekanan darah secara efektif dan menjauhkan anda dari penggumpalan darah. Makanlah minimal 2 porsi per minggu, yang akan menurunkan resiko serangan jantung hingga 1/3-nya.
Salmon mengandung carotenoid astaxantin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Tapi ingatlah untuk memilih salmon liar daripada yang diternakkan sehingga jauh dari pestisida, insektisida dan logam.
Anda bukan penggemar salmon? jangan khawatir, anda dapat memilih ikan lain seperti makerel, tuna, herring dan tuna sama saja khasiatnya dengan salmon.
Alpukat
Alpukat membantu menurunkan kadar LDL, dan membantu penyerapan beta karoten dan likopen dari makanan lain seperti bayam. Ia sangat berguna untuk kesehatan jantung.
Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan kandungan lemak tak jenuh, sehingga bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam darah. Gunakan minyak zaitun sebagai bahan pengganti minyak goreng, dan anda akan jauh lebih sehat.
Kacang-kacangan
Misalnya kacang mete, almond, dan kedelai hitam juga putih, kaya akan lemak omega 3 dan lemak tak jenuh ganda. Serat yang dikandung kacang-kacangan pun amat baik untuk pencernaan.
Buah berry
Keluarga berry seperti strawberry, blackberry, dan blue berry, kaya akan zat anti-peradangan (anti-inflammatories) yang baik untuk menurunkan resiko serangan jantung dan kanker.
Bayam
Bayam dapat menolong anda tetap fit selalu karena mengandung lutein, kalium, asam folat, dan serat. Sebenarnya sajian jenis sayur apapun akan meningkatkan kesehatan jantung anda. Menurut penelitian, memakan sayur dua setengah porsi sayur setiap hari menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 25% daripada yang tidak, dan setiap porsi tambahan meningkatkan penurunan resiko sebesar 17%.
(sumber: sidomi.com)

0 komentar:

Post a Comment