Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Pengunjung Blog Menurun dan Tips Mengatasinya

Seorang blogger umumnya pernah merasakan trafik pengunjungnya menurun. Hal ini pun pernah saya alami beberapa kali. Penurunan kadang signifikan terkadang juga biasa-biasa aja. Coba bayangkan, jika minggu lalu rata-rata pengunjung anda 1000/ hari tiba-tiba menurun hanya 600 an saja, tentunya hal itu membuat kita kesal. Kejadian yang terjadi di blog pertama saya, mendorong untuk menganalisa berbagai masalah baik dari pengalaman ataupun membaca referensi-referensi hebat dengan blogwalking. Nah, ternyata ada beberapa masalah yang kadang ‘belum’ terpikirkan.
Konten Musiman
Misal saja kita memiliki sebuah situs yang menyangkut tentang dunia pendidikan dan menyediakan berbagai soal-soal untuk ujian dan sebagainya. Begitu mendekati tanggal-tanggal ujian situs kita begitu hebat dengan pengunjung yang antusias mencari referensi soal untuk persiapan ujian. Tetapi begitu ujian selesai otomatis mereka akan melupakan situs kita karena mereka tak membutuhkan lagi sehingga situs kita ‘terlalu sepi’. Nah, inilah contoh konten musiman. Dimana ada satu waktu puncak ledakan pengunjung, tetapi di lain waktu itu situs kita sepi. Tentunya hanya situs-situs tertentu yang mengalami dampak seperti ini.
Tips:Bagi Anda yang mempunyai situs semacam ini harusalah pandai-pandai dalam strategi posting. Mempublikasikan hal yang tepat dengan keadaan. Misal anda posting “Bagaimana menghadapi sekolah baru?” di bulan Juli, atau “Bagaimana cara menentukan jurusan?” sebelum kenaikan kelas. “Liburan yang bermanfaat” pada masa liburan. “Tips mengatasi kejenuhan belajar” atau “Cara menghadapi ujian yang baik” di pertengahan masa sekolah dan masa ujian. Sehingga konten anda terlihat berkesinambungan
Objek Postingan
Begitu Anda membuat blog seharusnya Anda menyadari pentingnya objek. Sekali lagi saya selalu berkata ‘jangka panjang’. Jika Anda sudah mempunyai maka akan mudah bagi Anda posting dari hari ke hari. Langsung saja saya beri contoh.
Tips: usahakan objek anda tidak statis, tapi dinamis, artinya objek bahasan anda selalu berkembang. Untuk hal ini, bisa diakali pada bentuk postingan bersambung, atau mengambil objek bahasan yang berbeda, tapi kita hubungkan
Frekuensi Posting
Sudah jadi rahasia blog yang digemari adalah blog yang selalu update. Jika traffic Anda menurun mungkin Anda perlu berpikir ‘seberapa sering Anda posting’.
Tips: Selalu update blog Anda. Jangan terlalu sering karena mungkin beberapa artikel Anda tak akan tersentuh karena pembaca tak mengetahuinya. Jangan terlalu jauh karena ini dunia ‘penuh’ persaingan. Usahakan jadi yang pertama. Penting juga untuk mengamati perkembangan blog sejenis Anda.
Kualitas Posting yang Tidak Standar
Kualitas post yang buruk berupa, kesalahan data, sudah bukan kebutuhan pengunjung anda lagi, kesalahan penulisan, tentu akan membuat pembaca/pengunjung anda lari.
Tips: Sebelum anda mempublish sebuah postingan, sebaiknya anda baca dulu di word (jika bentuk tulisan), anda cek akurasinya dst. Memang seh pekerjaan blogging gampang-gampang susah
Malas Promosi
Terkadang anda menjumpai blog sederhana, isinya tidak seberapa dengan konten yang juga biasa-biasa, bahkan mungkin copy paste, tapi trafik pengunjungnya melebihi blog tempat ngejiplak. Kenapa?, salah satu penyebabnya, adalah promosi blog
Tips: Promosikan blog anda di jejaring sosial, facebook, twitter dll. Tautkan link anda ke situs lain. Lebih bagus lagi anda iklankan di google
Crawl error
yaitu link yang sudah tidak bisa dibaca atau dirayapi lagi oleh mesin pencari
Tips: Hapus crawl error tersebut, jika dalam blog anda terdapat link yang sudah tidak ada lagi (terhapus), tapi sudah ditautkan di situs lain, mintalah situs tersebut untuk menghapusnya, karena link yang sudah mati tetapi masih terpasang membuat “jengkel” robot saat perayapan.
Kurang Berdoa
Mungkin kelihatan nyentrik, tapi siapa yang membuat seseorang tergerak hatinya untuk mengunjungi situs kita yang mungkin jutaan situs mirip, atau jutaan saingan kita??, pikirkan sendiri..
Semoga bermanfaat

Source

2 komentar untuk "Masalah Pengunjung Blog Menurun dan Tips Mengatasinya"

  1. Agar banyak pengunjung yang datang ke blog, ternyata tidak mudah ya.....banyak strategi/jurus ampuh yg harus kita lakukan salah satunya seperti yang telah di jelaskan di atas....

    makasih uda mau berbagi

    BalasHapus
  2. mungkin aku harus belajar lebih pokus untuk postingan gara pengujung tidak bosan...blog ane lagi menurun ni gan...terima kasih mudah mudahan info dari agan akan membakitkan website ane..

    BalasHapus