Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Menghindari Stress Saat Liburan

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Menikmati liburan seharusnya menjadi saat-saat bersantai setelah sekian lama melakukan aktivitas pekerjaan. Namun kenyataannya, saat ini tingkat stress justru meningkat saat berlibur, baik karena dipicu oleh makanan maupun melakukan perjalanan yang tak sesuai rencana.
Anda bisa mengubah semua itu. Ciptakan rasa damai dan gembira selama liburan dengan meluangkan waktu 5-10 menit untuk relaksasi. Carilah tempat duduk yang nyaman, lalu duduklah dengan tegak. Lebih disarankan jika Anda duduk di luar ruangan atau di dekat jendela yang menghadap taman.

no stress Menghindari Stress Saat Liburan
Hindari Stress
Kini, perhatikan dengan penuh kesadaran pemandangan yang tersaji di hadapan anda. Resapi bau udara dan sensasi yang anda rasakan pada kulit, mungkin hangatnya matahari, suara hujan, atau gerakan daun. Semakin dalam anda fokus pada lingkungan sekitar, rasakan kedamaian dalam diri.
Pada awalnya mungkin akan terasa sulit melakukan ini. Tak perlu memaksakan diri, biarkan diri anda berlatih sampai tercapai ketenteraman seutuhnya.
Selain itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari pada saat liburan, diantaranya :
Kafein
Perlu diketahui, minuman yang mengandung kafein melebihi batas toleransi tubuh bisa menyebabkan stress akan muncul. Kafein memicu sistem syaraf, yang bisa berarti terlalu banyak kafein bisa memicu detak jantung sangat cepat dan meningkatnya tekanan darah.
Alkohol
alkohol bisa menyebabkan ketegangan lama yang ditimbulkan oleh stress dan stress bisa mengurangi efek menyenangkan dari alkohol. Seperti halnya kafein, alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan gangguan tidur.
Pemanis Buatan
Bukan hanya makanan yang diberi pemanis biasanya kurang bernutrisi, tapi juga fluktuasi yang mereka akibatkan di gula darah dan kadar insulin bisa memicu sensifitas dan konsentrasi lemah.
Jika anda pernah berlebihan saat memilih makanan manis, maka Anda mungkin akan mengalami minat yang tidak stabil sehubungan dengan tingginya kadar gula dalam tubuh.
Makanan tinggi Sodium
Banyaknya cairan ini akan membuat jantung anda bekerja keras, meningkatkan tekanan darah, dan memicu penggumpalan, retensi air dan pembengkakan, dimana semua ini bisa menghabiskan energi dan meningkatkan level stress.

 
Artikel Lainnya

0 komentar:

Post a Comment