Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Menguatkan Sinyal Handphone yang Lemah

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Tinggal di pinggir kota atau sedang melakukan perjalanan keluar kota terkadang mengganggu kelancaran komunikasi selular kita. Apalagi kalau bukan karena sinyal dari provider telekomunikasi yang lemah dan tidak stabil karena BTS terdekat cukup jauh. Bahkan jika sudah melewati radius pemancar BTS, sinyal bisa hilang sama sekali. Belum lagi karena kita menggunakan layanan operator yang masih baru, dimana kualitas sinyalnya memang belum maksimal. Jadi bagaimana solusinya? Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan perangkat penguat sinyal pada handphone.

Perangkat ini mempunyai beragam bentuk, fungsi dan efektifitas, tergantung pada tipe dan tujuan penggunaannya. Secara garis besar ada dua jenis penguat sinyal untuk handphone ini, khususnya untuk penggunaan personal yaitu:
  • Penguat sinyal handphone sederhana dengan sistem antena eksternal
  • Penguat sinyal handphone dengan sistem wireless (selular repeater)
Jenis pertama bekerja dengan cara memperkuat penerimaan sinyal dengan menggunakan antena tambahan agar lebih baik dalam menerima sinyal dari provider. Hasilnya cukup memuaskan dan tergantung pada kondisi lapangan. Jika tidak ada halangan yang berarti seperti perbukitan, perangkat ini sudah lebih dari cukup. Jenis ini sudah banyak beredar di pasaran khususnya di outlet-outlet handphone. Harganya sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari 60 ribu hingga 150 ribu. Biasanya, paket penjualannya terdiri dari antena luar, kabel coaxial, dan konektor ke handphone.

Jenis yang kedua biasanya digunakan dalam ruangan tertutup terutama ruangan yang dibuat dari metal atau beton bertulang dimana sinyal handphone yang masuk ke dalam ruangan lemah, atau bahkan tidak ada. Pada umumnya digunakan di mal-mal, pusat–pusat perbelanjaan, gedung perkantoran dan pusat–pusat massa tertutup lainnya. Cara kerjanya sederhana. Selular repeater dapat dianalogikan dengan amplifier. Alat ini akan menangkap sinyal dari BTS, membangkitkan kembali sinyal dari BTS dan memancarkannya kembali ke dalam ruangan/bangunan tersebut. Kelebihannya dibandingkan jenis pertama antara lain kita tidak perlu kabel konektor ke handphone karena sudah bersifat wireless, sinyal yang diterima sudah dikuatkan dan distabilkan sehingga hasilnya lebih baik dan dapat meng-cover area yang luas tergantung pada kekuatan sinyal dari BTS dan daya pancar penguat sinyal tersebut. Perangkat jenis ini tidak hanya digunakan dalam ruangan tertutup, tetapi juga pada area terbuka yang jauh dari BTS.

Alternatif Lain
Bagaimana jika kita mendayagunakan barang-barang yang ada di rumah untuk memperkuat sinyal handphone kita? Ya hitung-hitung bisa menekan pengeluaran kita :). Dari menggunakan kawat tunggal tembaga, antena TV di rumah (gunakan booster untuk hasil yang lebih baik) hingga menggunakan wajan emak kita. Hasilnya cukup baik karena sebenarnya penggunaan barang-barang tersebut sebagai alternatif pengganti antena eksternal yang dijual di pasaran.

0 komentar:

Post a Comment