Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Rawatlah Gigi Anak Sejak Dini

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Perawatan gigi anak sebaiknya dimulai sedini mungkin walaupun gigi belum nampak. Benih gigi bayi sebenarnya sudah terbentuk sejak kehamilan trimester kedua. Saat lahir bayi sudah memiliki 20 benih gigi susu. Kita dapat menggunakan kain basah untuk membersihkan gusi bayi setelah diberi makan atau minum susu. Hal ini akan menghambat pertumbuhan bakteri yang merusak. Ketika gigi anak sudah mulai tampak, kita dapat membersihkan dengan sikat gigi anak atau dengan kapas basah malam hari. Kita harus membantu anak menyikat gigi sampai kurang lebih anak berumur 7 tahun.

anak Rawatlah Gigi Anak Sejak Dini
Perawatan Gigi
Bayi dapat mengalami karies gigi jika orang tua tidak memperhatikan kebiasaan cara memberi makan yang baik. Memberi minum susu botol saat tidur memang menyenangkan bayi untuk jangka pendek, tetapi kebiasaan itu dapat merusak gigi bayi. Saat gula dari susu atau makanan bayi tertinggal di gigi, terjadi reaksi yang dapat memakan email gigi.
Untuk itu perawatan mulut dan gigi pada bayi sejak dini sangat penting. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan untuk bayi Anda:

1. Saat gigi belum tumbuh, sekali-kali bersihkan gusi dan lidah bayi Anda dengan kain kasa. Hal ini bertujuan untuk menjaga gigi dan gusi dari plak dan kuman. Pada usia enam bulan sampai satu tahun, gigi pertama akan tumbuh. Di saat itu, sikat gigi bayi Anda dengan menggunakan sikat kecil dan digosok dengan lembut. Tapi ingat, jangan gunakan pasta gigi pada bayi di bawah dua tahun.
2. Seperti kita ketahui, makanan utama bayi adalah susu. Tapi kebanyakan minum susu juga tidak baik karena akan banyak jumlah bakteri yang menumpuk pada permukaan gigi. Oleh karena itu, saat bayi Anda beranjak satu tahun, periksakan gigi bayi ke dokter gigi.
Terlebih lagi, bila bayi Anda suka mengempeng atau mengisap jari tangannya. Dokter pasti akan menyarankan Anda dan memberi tips untuk menghentikan kebiasaan tersebut.
3. Di usia dua tahun, anak Anda perlu diajarkan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Anda juga harus rutin periksakan gigi anak ke dokter minimal setiap enam bulan sekali.
Perawatan gigi sejak dini sangat perlu bagi anak Anda. Sehingga saat mereka mulai besar, gigi mereka akan sehat dan kuat.


Artikel Lainnya

0 komentar:

Post a Comment