Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Susu Skim Bisa Mengurangi Keluhan Asam Urat

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Arthritis Gout atau penyakit Gout (asam urat) adalah penyakit yang membuat nyeri dan peradangan sendi. Minum susu tanpa lemak atau susu skim dapat membantu mengurangi frekuensi menyakitkan dari munculnya gejala gout.
Susu ini, menurut penelitian yang dipublikasikan Annuals of the Rheumatic Diseases, sangat diperkaya kandungan  glycomacropeptide (GMP) dan ekstrak lemak susu (G600) mampu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh kristal asam urat.
Susu skim adalah susu tanpa lemak yang bubuk susunya dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak yang terdapat dalam susu. Kandungan lemak pada susu skim kurang lebih 1 persen. Susu skim mengandung semua kandungan yang dimiliki susu pada umumnya, kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak.
“Minum susu skim tidak menyebabkan kenaikan berat badan atau peningkatan kadar lemak darah yang berpotensi berbahaya. Maka susu skim dapat berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh,” kata para ahli.
Gout merupakan bentuk umum dari arthritis, yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Gejala gout seringkali terjadi di jempol kaki. Karena jempol kaki merupakan tempat pertama terjadinya gejala gout.
susu skim Susu Skim Bisa Mengurangi Keluhan Asam Urat

Susu Skim Bisa Mengurangi Keluhan Asam Urat

Dalam suatu penelitian dilibatkan 120 pasien asam urat. Dan, asam urat setidaknya dialami mereka minimal empat bulan berjalan. Mereka lalu dibagi menjadi tiga kelompok dan diberikan tiga jenis susu yang berbeda untuk dikonsumsi harian.
Masing-masing kelompok ada yang diberi susu bubuk laktosa, susu bubuk skim, atau susu bubuk skim yang diperkaya GMP dan G600. Dalam penyajiannya, susu dicampur bersama 250 mL air. Peneliti kemudian secara rutin mengecek efek susu terhadap pasien, termasuk frekuensi nyeri yang dirasakan selama tiga bulan.
Hasilnya, kelompok pasien yang meminum susu bubuk skim yang diperkaya GMP dan G600 menunjukkan ada perubahan signifikan pada kondisi asam urat mereka. Namun, kondisi yang sama tidak ditemukan pada dua kelompok pasien lain. Menariknya, susu skim tersebut tidak menimbulkan potensi obesitas atau menambah kadar lemak dalam darah.
Hasil penelitian tersebut juga menyarankan bahwa asupan harian susu bubuk skim yang diperkaya dengan GMP dan G600 dapat mengurangi frekuensi gejala gout,” Nicola Dalbeth, seorang profesor dari department of medicine di University of Auckland, New Zealand.
(sumber: detik.com)

0 komentar:

Post a Comment