Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Tips Mencegah Gangguan Fungsi Otak

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Alzheimer dan kasus degenerasi otak lainnya menghantui orang yang berada di paruh baya hingga usia lanjut di zaman modern ini. Bahkan, kasus demensia atau kepikunan sudah bisa terjadi di usia 40 tahun.  Degenarasi otak ini makin nyata jika seseorang terbiasa dengan gaya hidup tidak sehat dan kurang melatih kemampuan otaknya.
Jangan dikira seorang pekerja dengan cara kerja santai setiap hari tanpa melakukan banyak proses berpikir, bisa lepas dari jeratan kepikunan. Otak seperti halnya otot yang perlu untuk terus diasah agar kemampuannya selalu prima.
lanjut usia e1339283551525 Tips Mencegah Gangguan Fungsi Otak

Tips Mencegah Gangguan Fungsi Otak

Sementara itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga otak dari risiko degenerasi seperti ditulis Times of India berikut ini:
  • Makan buah berry. Disarankan untuk makan blueberry dan strawberry lebih banyak. Karena, kedua buah ini mengandung antioksidan flavanoid yang dapat menunda proses penurunan kognitif otak.  Yaitu, dengan jalan melindungi sel-sel otak dari hormon stres yang bisa hinggap di sepanjang usia manusia.  Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini demi kesehatan otak.
  • Rajin bersih-bersih rumah. Ini memang bukan soal makanan nutrisi otak. Namun, aktivitas harian di rumah yang melibatkan kerja fisik ini ternyata dapat mengurangi risiko alzheimer.  Pada sebuah studi yang mengamati orang-orang dengan beragam aktivitas di rumahnya selama empat tahun, menunjukkan hasil itu. Anda mulai sekarang bisa lebih rajin bersih-bersih rumah atau memasak demi kebaikan otak anda.
  • Belajar bahasa asing. Cobalah untuk mempelajari bahasa lain dari yang anda kuasai saat ini. Sebuah paper menyebutkan, memiliki kemampuan berbahasa lebih banyak ternyata membantu memberikan “cadangan kognitif” bagi otak.  Artinya, otak akan terhindar dari kerusakan yang menjadi penyebab kepikunan. Salah satu proses yang mesti dilakukan adalah mulai dari menghapal kosakata dan mempraktikkannya yang semua itu memerlukan proses kreatif otak.
  • Minum teh hijau dengan rutin. Pada sebuah studi ditemukan adanya manfaat teh hijau untuk mencegah demensia. Pada percobaan melalui tikus, teh hijau melindungi otak dari protein amiloid. Protein ini cukup beracun dan jika sudah menumpuk di otak akan membuat kerusakan.
  • Makan brokoli. Sayuran ini dikenal punya antioksidan yang tinggi. Bahkan, kerap pula brokoli dijadikan salah satu makanan untuk terapi mengatasi kanker. Terkait kesehatan otak, brokoli memberikan efek pertahanan tubuh dari radikal bebas yang juga bisa menyebabkan kerusakan otak, di samping menjadi penyebab kanker. Sulforaphane adalah antioksidan bermanfaat tersebut yang secara klinis berfungsi sebagai antikanker dan anti-alzheimer.
(sumber: sidomi.com)

0 komentar:

Post a Comment