Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Tips Perawatan Penting Untuk Kuku Panjang

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Memiliki kuku yang panjang dan terawat merupakan keinginan banyak wanita. Kuku yang panjang tentu membutuhkan perawatan yang lebih intensif.
Kuku Sehat Cantik e1333758894845 Tips Perawatan Penting Untuk Kuku Panjang

Tips Perawatan Penting Untuk Kuku Panjang

Jangan bebani kuku 
Ketika anda memutuskan memiliki kuku panjang, usahakan untuk melindunginya semaksimal mungkin. Jangan gunakan kuku untuk kegiatan sehari-hari seperti mengetik, membuka kaleng minuman, atau membuatnya melakukan pekerjaan berat. Gunakan ujung jari atau bagian yang lain jika memungkinkan untuk melindungi kuku dari goresan atau risiko patah.
Bagaimana mungkin anda memiliki kuku yang cantik jika hobi menggigitinya? Tinggalkan kebiasaan buruk menggigit kuku untuk menjaga kerapihannya. Kuku yang terlindungi dan bebas dari beban berat sehari-hari tentu bisa bertahan lebih lama.
Lindungi kuku
Beberapa bahan kimia bisa merusak kuku dan menyebabkan kuku rapuh. Jika tangan anda akan bersentuhan dengan sabun pencuci piring, deterjen, atau cairan kimia lainnya gunakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku. Begitu juga jika anda memutuskan berkebun atau melakukan kegiatan berat. Sebaiknya minimalisir risiko kerusakan kuku dengan melindunginya. Kuku dan tangan akan lebih sehat jika dilindungi dengan baik serta akan terhindari dari kerusakan, infeksi, serta kekeringan.
Rawat kutikula 
Kutikula merupakan pelindung kuku dari bakteri dan infeksi. Jangan mencabut atau memotong kutikula jika tak ingin terkena infeksi atau bakteri. Gunakan krim pelembut atau minyak zaitun untuk menjaganya tetap lembut.
Perawatan teratur 
Untuk menjaga kuku tetap sehat, bersihkan dan potong ujung kuku secara teratur. Anda bisa mengunjungi tempat perawatan kecantikan yang menyediakan jasa manicure atau melakukannya sendiri di rumah. Jangan koyak kuku saat mengguntingnya karena akan membuatnya rapuh. Usahakan gunting teratur dengan satu arah untuk membuat potongannya sempurna. Penting untuk diperhatikan jangan menggunting kuku sesaat setelah mandi. Kuku yang basah menjadi rapuh dan mudah patah.
Saat menggunakan krim atau minyak pelembut, pijat daerah sekitar kuku untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar bisa membuat kuku tumbuh lebih sehat.
Pelapis atau cat kuku 
Kuku panjang identik dengan cat kuku. Pelapis kuku baik yang berwarna maupun bening bisa membantu melindungi kuku anda. Tapi berhati-hati jika suka gonta-ganti warna. Jangan gunakan cairan penghapus kuku lebih dari dua kali dalam sebulan karena bisa membuat kuku rapuh. Usahakan hindari cairan yang mengandung aseton yang bisa membuat kuku kering. Lebih baik pilih penghapus warna kuku yang menggunakan asetat. Apabila dibutuhkan, gunakan krim penguat kuku untuk menjaganya tetap sehat.
Nutrisi penting
Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kuku rapuh dan kering. Vitamin C, zinc, kalsium, vitamin B12 dan asam lemak baik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Segelas susu bisa membantu asupan vitamin untuk kesehatan kuku. Makan sayuran dan protein yang cukup untuk menutrisi tubuh termasuk kuku.
Sama seperti kulit, kuku juga memerlukan asupan asam lemak baik dari kacang-kacangan terutama almond dan ikan. Nah yang tak kalah penting, usahakan untuk menjaga kesegaran dan kelembapan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas sehari.
Jaga kelembaban 
Menjaga kelembaban bisa membantu kuku terhindari dari kerapuhan. Gunakan pelembab tangan, minyak zaitun, atau petroleum jelly untuk melembabkan kulit. Gunakan kapan saja kulit terasa kering dan oleskan di sekitar tangan dan kulit sesaat sebelum tidur.
Setelah mandi, melakukan kegiatan berat, dan mencuci tangan, gunakan pelembab untuk menjaga kelembutan tangan dan kuku. Kebiasaan kecil ini bisa membuat kuku dan tangan lebih indah dan lembut.
(sumber: id.she.yahoo.com)

0 komentar:

Post a Comment