Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Awal Agar Blog Cepat Terindeks Search Engine

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation yaitu suatu cara yang dilakukan oleh Web master ataupun Blog master atau para bloggerlah untuk mengoptimalkan situs ataupun blog mereka agar mendapatkan rangking yang baik pada search engine atau mesin pencari dari robot google dan mesin pencari lain seperti yahoo, bing, ask dll. 
Dari pengertian tersebut, optimalnya sebuah situs, atau sebuah situs dianggap optimal apabila situs tersebut mendapat rangking dari mesin-mesin pencari seperti yang telah disebutkan atau minimal terindex dengan baik. Pertanyaan utamanya, hal apa yang harus dilakukan agar situs kita terindeks mesin pencari dan mendapat ranking di search engine?. Ada beberapa trik untuk itu, tapi untuk tindakan awal yang harus diperhatikan adalah:
Original Content / isi (tulisan, gambar, video) yang orsinil
Agar situs anda mendapatkan rangking yang bagus pada mesin pencari adalah isi dari blog anda adalah orsinil/ asli buah karya anda sendiri atau dengan kata lain bukanlah hasil copy paste dari hasil karya orang lain, baik itu tulisan, video atau sekedar gambar. Selain sebagai optimalisasi terhadap mesin pencari, tindakan copy paste sering mengundang permasalahan dari pembuat asli karya tersebut, apalagi yang anda copy paste tersebut di lindungi oleh undang-undang atau dengan kata lain copyright, anda bisa benar-benar akan mendapatkan masalah yang serius.
Template standar
Memilih template yang baik di sini antara lain template yang kita pakai yang pertama kali di loading adalah bagian posting bukan bagian sidebar apalagi bagian footer. Jika yang loading pertama kali adalah bagian header kemudian elemen posting, maka hal tersebut terjadi pula pada spider mesin pencari, ketika crawler mesin pencari merayapi situs anda, bagian yang di crawler sebaiknya elemen posting. Sebaiknya jangan memilih template yang sidebarnya berada di sebelah kiri serta kanan. Apabila anda menggunakan template yang 3 kolom yang sidebar nya berada di sebelah kiri serta kanan, maka dapat di pastikan yang pertama kali loading adalah sidebar yang di sebelah kiri dahulu kemudian bagian posting. Berbeda halnya dengan template 3 kolom yang kedua sidebarnya berada di sebelah kiri ataupun keduanya di sebelah kanan, karena walaupun kedua sidebar berada di sebelah kiri, kode posting masih bisa di tempatkan di atas kode sidebar dengan mengatur kode float pada template. Jangan terlalu sering mengganti template. Apalagi jika teplate anda telah diverified oleh mesin pencari.
Penggunaan huruf tebal, miring, atau garis bawah
Yaitu penggunaan hurup tebal, miring, atau garis bawah pada posting yang berupa tulisan terutama keyword-keyword penting pada postingan. Tujuan utamanay agar, keyword penting tersebut yang oleh mesin pencari dibaca lebih awal.
Gunakan tag “alt” pada kode gambar
Mesin pencari pada umumnya tidak terlalu mengerti makna dari sebuah gambar, maka dari itu perlu menambahkan kode “alt” pada kode gambar anda. Tag “alt” adalah merupakan kepanjangan dari “alternatif”, jadi mesin pencari akan lebih mengenali maksud gambar anda apabila memakai tag “alt”.
Hindari hidden text atau hidden link
Hidden text atau hidden link adalah membuat sebuah teks atau link berwarna yang mana teks tersebut berwarna sama dengan background template situs, sehingga tidak terlihat oleh pengunjung.
Situs anda di link oleh situs lain
Yaitu situs lain yang menempatkan link menuju situs anda atau salah satu postingan anda. Semakin banyak blog atau situs membuat link ke blog anda, maka semakin baik pula penilaian mesin pencari terhadap blog anda.
Postingan tertaut (linking) dengan postingan yang lain
Yaitu postingan yang satu terkait dengan postingan yang lain, keterkaitan bukan dari segi pokok bahasan. Tapi dibuktikan oleh link. Dapat dilihat di sini. Perhatikan dalam satu postingan dapat mengaitkan beberapa link, cuma bagi penulis, lingking tidak tidak akan bagus jika berlebihan.
Hindari link yang rusak (broken link)
Yaitu link yang sudah dihapus, not found, sandbox dll. Untuk persoalan broken link akan kami bahas pada postingan berikutnya.
Sebagian bloger master mengatakan bahwa meta tag juga mempengaruhi mesin pencari dalam proses indeks. Tapi bagi penulis, khusus untuk blog tidak demikian.
Selamat mencoba…

1 komentar untuk "Trik Awal Agar Blog Cepat Terindeks Search Engine"