Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

10 Alasan Kenapa Niche Blogging Lebih Menguntungkan

Posted by Herly Deflin 0 komentar

Beragam motivasi orang membuat dan mengelola blog. Banyak blogger membuat blog sekedar sebagai ruang personal, sebagai tempat berbagi pengalaman dan kehidupan pribadi. Topiknya beragam. Mulai aktivitas sehari-hari, catatan pribadi, gosip artis, hingga soal agama dan politik.

Meskipun sama sekali tidak salah, namun fakta membuktikan bahwa blog-blog dengan topik-topik khusus atau yang lebih dikenal dengan sebutan niche blog lebih berpeluang untuk populer ketimbang blog-blog pribadi.

Daftar Top 100 Blogs Technorati misalnya, memperlihatkan bahwa mayoritas blog-blog terpopuler di dunia adalah blog-blog dengan niche tertentu.

Niche blog atau niche blogging sendiri secara sederhana bisa dipahami sebagai aktivitas blogging yang secara khusus dilakukan dengan cara membuat blog tertentu bertopik spesifik dan ditujukan untuk pangsa pembaca yang spesifik pula. Sebagai contoh, teknologi adalah sebuah topik umum, namun 3G handphone adalah topik spesifik untuk sebuah niche blog.

Ada banyak alasan kenapa niche blogging lebih menguntungkan ketimbang personal blog. Dalam posting artikel kali ini saya mencoba mengulas setidaknya 10 alasan kenapa niche blogging lebih menguntungkan, terutama jika Anda ingin menghasilkan uang melalui blog Anda.

10 Alasan Kenapa Niche Blogging Lebih Menguntungkan
1. Memikat Pembaca SetiaNiche blog lebih berpotensi melahirkan pembaca-pembaca setia karena ketika seseorang mengunjungi sebuah niche blog, ia segera tahu bahwa ia akan mendapatkan informasi yang benar-benar ia butuhkan dan sukai. Semakin setia pembaca blog Anda, maka semakin besar kepercayaan yang diberikan kepada Anda, dan pada gilirannya semakin besar pula peluang monetisasi blog yang bisa Anda lakukan.

2. Membangun Komunitas
Orang suka berkumpul dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Seringkali, para pembaca sebuah niche blog tidak hanya sekedar ingin membaca artikel yang Anda tulis, namun juga untuk bertemu dan berinteraksi dengan pembaca lain yang memiliki minat yang sama. Inilah cikal-bakal komunitas yang sangat berharga untuk meningkatkan kredibitas blog Anda.

3. Menjadi Spesialis
Memiliki sebuah niche blog memungkinkan Anda untuk benar-benar fokus pada suatu topik dan menjadi ahli di bidang yang Anda sukai. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mampu meningkatkan kuantitas, kualitas dan kedalaman topik yang Anda pilih. Sebagai spesialis di sebuah topik tertentu, Anda akan menjadi rujukan bagi pembaca blog Anda.

4. Membangun Kredibilitas dan Brand
Mengelola blog berdasarkan topik khusus secara konsisten pada gilirannya juga akan membuat Anda dipandang sebagai sumber informasi yang kredibel dan terpercaya di bidang yang Anda pilih. Jika saatnya tiba, Anda bisa menjadi "tempat bertanya yang tepat" di niche yang Anda pilih dan menjadi "trusted brand" untuk niche blog Anda.

5. Menarik Iklan Kontekstual
Berbagai program iklan kontekstual (misalnya Google Adsense) memberikan peluang jauh lebih baik apabila blog Anda memiliki topik spesifik tertentu. Iklan kontekstual adalah jenis iklan yang akan menyesuaikan diri dengan konten blog yang Anda kelola. Semakin spesifik dan relevan iklan yang muncul, tentu semakin besar pula peluang iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda.

6. Menarik Iklan Mandiri (Direct Ads)
Selain iklan kontekstual, niche blog juga lebih berpeluang menarik minat para pemasang iklan untuk memasang iklan yang sesuai dengan topik blog Anda. Semakin spesifik topik blog Anda, semakin besar peluang mendapatkan pemasang iklan yang ingin mempromosikan produk ataupun jasanya melalui niche blog Anda.

7. SEO Friendly
Sudah jamak disadari bahwa Google Search Engine dan kebanyakan mesin pencari yang lain lebih menyukai blog dengan topik khusus tertentu dan konten relevan yang berhubungan satu sama lain. Dengan membuat niche blog, secara tidak langsung Anda telah melakukan sebagian teknik optimasi mesin pencari yang cukup penting. Hasilnya, tentu saja ranking blog Anda akan relatif tinggi di mesin pencari.

8. Lebih Banyak Ide Artikel
Dengan topik yang lebih spesifik, Anda bisa menfokuskan diri hanya untuk topik tersebut dan mengeksplorasi ide-ide artikel untuk blog Anda secara lebih mendalam. Sebagai hasilnya, lebih banyak posting artikel yang bisa Anda tulis untuk blog Anda. Blogguebo.com adalah salah satu contohnya.

9. Potensi Networking
Keuntungan lain membuat niche blog adalah Anda bisa membangun jaringan (networking) dengan blog-blog lain yang ada di dalam niche Anda. Beberapa blogger yang memahami benar kekuatan networking bahkan mampu membangun jaringan blog dengan niche yang sama dan mampu menarik lebih banyak pemasang iklan di blog-blog yang tergabung dalam jaringan blog tersebut.

10. Konversi Yang Lebih Tinggi
Jika Anda berniat menjual produk atau jasa yang relevan dengan niche blog Anda, niche blog berpotensi memberikan nilai konversi penjualan yang jauh lebih tinggi. Pasalnya, pembaca blog Anda telah benar-benar targeted, segmented dan siap untuk membeli produk atau jasa dari seseorang yang telah mereka anggap kredibel dan terpercaya di bidangnya. Sebagai hasilnya, lebih banyak transaksi penjualan produk atau jasa yang akan terjadi dan tentu hal ini akan menguntungkan Anda.

-----------------------------------------

Dari pengalaman saya pribadi, membuat dan mengelola niche blog memang terbukti jauh lebih menguntungkan ketimbang membuat personal blog ataupun blog dengan topik yang terlalu luas dan beragam.

0 komentar:

Post a Comment