Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Bagaimana Cara Memilih Antivirus Yang Bagus?

Posted by Adminai 0 komentar

A: Bos, antivirus mana sih yang bagus?
B: Hmm... tumben lo nanya gituan? Napa emangnya?

A: Abisnya gue bingung nih milih antivirus buat laptop gue
B: Bingung kayak gimana maksud lo?

A: Gue nanya ke teman gue katanya yang bagus itu Kaspersky, trus gue tanya lagi ke temen gue yang lain, katanya yang gratisan aja udah bagus, jadi mana yang bener?
B: Hmm... gimana ya, itu semua tergantung sama kebutuhan lo

A: Hah? Maksudnya?
B: Gini lho... secara di dunia ini ga ada antivirus yang sempurna, pasti ada kekurangannya termasuk Kaspersky yang dibangga-banggain banyak orang

A: Jadi bener dong yang gratisan aja udah bagus?
B: Ga bisa dibilang bagus juga sih, soalnya yang gratis itu memang terkenal namanya seperti Avast dan AVG, tapi kemampuan mereka juga ada kelemahannya dong

A: Waduh, gue jadi tambah bingung nih
B: Ya udah, sekarang gue tanya, lo make laptop buat apa aja?

A: Yaa cuma ngetik-ngetik tugas kuliah sama browsing internet doang sih
B: Ga pake acara download-download hal-hal yang 'ekstrim' kan?

A: Ga lah! Ngaco lo!
B: Nah kalo gitu mending lo pake yang gratisan aja, saran gue Avast karena lebih mudah installnya dan ringan saat dijalankan

A: Lho? yakin aman nih?
B: Iya, karena Avast yang gratis emang ditujukan untuk pengguna kasual macam lo, yang cuma ngetik-ngetik sama internetan doang

A: Trus apa bedanya sama Kaspersky yang disaranin temen gua?
B: Kaspersky itu bayar, yaa rata-rata 300 ribuan lah selama setahun

A: Buset! Muahal amat!?
B: Heh, jangan mikir mahal untuk saat ini, coba lo pikir-pikir lagi, seandainya laptop lo kena virus, lo musti install ulang kan? Keluar cepek kalo ke toko komputer kan buat servisnya?

A: Iya juga sih
B: Nah, itu baru sekali, coba kalo bulan berikutnya kena lagi, kena lagi, dan terus dan terus tiap bulan. Berapa duit lo abis? Mendingan lo keluar duit Rp300.000 setahun daripada duit lo ilang cepek tiap bulan

A: Emang apa untungnya kalo gue pake yang bayar-bayar kayak gitu?
B: Ehem, coba gue tanya ke lo... Lo kan sering ngerjain tugas kampus, lo pasti browsing-browsing kan? Nah, lo yakin ga situs yang lo googling secara acak gitu bakalan aman?

A: Ga juga sih
B: Nah, Kaspersky yang berbayar ini, dalam hal ini yang Kaspersky Internet Security ya, bisa mencegah situs-situs yang berbahaya itu merusak laptop lo

A: Wuah!? Bisa ya kayak gitu?
B: Ya bisa aja dong, namanya juga virus

A: Tapi gue masih bingung, kan antivirus yang berbayar ga cuma Kaspersky, masih ada yang namanya Norton kalo ga salah
B: Iya betul, memang ga cuma Kaspersky antivirus berbayar di dunia

A: Trus diantara yang berbayar itu mana yang bagus
B: Wah, ini pertanyaan susah

A: Koq gitu?
B: Iya, seperti yang gue bilang tadi, ga ada software antivirus yang sempurna di dunia ini, masing-masing punya kelebihan dan kelemahan

A: Trus gimana dong?
B: Nah, untungnya ada lembaga yang secara berkala menguji setiap software antivirus di dunia secara independen dan hasilnya bisa kita lihat secara bebas

A: Wuih! masak!? Apa nama lembaganya?
B: Ada dua yang terkenal, AV Comparatives sama AV-Test

A: Itu lembaga beneran menguji kemampuan antivirus?
B: Bener, mulai dari proses install, cara pendeteksian virus, berapa banyak virus yang bisa dideteksi, berapa banyak virus yang lolos sama pemindaian, semua dites tanpa pandang bulu

A: Trus apa untungnya tes kayak begituan?
B: Untungnya kita sebagai pengguna yang awam bisa tertolong, kita bisa memilih secara objektif mana antivirus yang terbaik berdasarkan hasil pengujian independen itu, pengujiannya ga cuma sekali setahun, setiap minggu dan setiap bulan selalu diuji terus, jadi kita bisa memantau kemampuan antivirus yang ingin kita pakai

A: Hmm... gitu ya? Oke deh, nanti gue cek... Jadi untuk sekarang saran lo ke gue apa nih?
B: Saran gue, kalo penggunaan laptop lo masih sederhana, cuma buat ngetik-ngetik, FB-an dan hal-hal kecil lainnya, pake aja dulu yang gratisan, udah cukup aman koq... Tapi kalo lo penggunaannya udah mengarah ke download software bajakan, buka situs bokep, dan belanja online pake Paypal dan Amazon, maka udah saatnya lo pake yang berbayar, karena fiturnya lebih aman untuk hal-hal seperti itu

Tempat download yang gratisan:




0 komentar:

Post a Comment