Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Gorilla Glass Layar Ponsel Keren Anti Gores dan Pecah

Posted by Adminai 0 komentar

Gelas minuman terbuat dari kaca. Apa yang terjadi bila jatuh ke lantai dari atas meja? Dapat dipastikan gelas tersebut pecah berkeping-keping. Bahan dari kaca rentan terhadap kerusakan akibat terjatuh dan tergores. Lihat saja kaca jendela, bila kita coba gores dengan kunci motor misalkan, niscaya akan menimbulkan beretan halus. Meskipun sudah dibersihkan dengan lap, tetap saja masih berbekas.
Corning Gorilla Glass Tutorial Blog
Corning Gorilla Glass Tutorial Blog
Nah, bagaimana dengan kaca yang digunakan untuk layar handphone? Untuk produk handphone segmen atas, kaca yang digunakan ternyata beda. Layar Ponsel dari Gorilla Glass dijamin Anti Gores dan Pecah. Teknologi Gorilla Glass yang dikembangkan oleh perusahaan manufaktur kaca bernama Corning asal Amerika Serikat, menghilangkan kekhawatiran kesan kaca yang rentan pecah dan tergores.

Layar dengan berbahan Gorilla Glass memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh jenis kaca lainnya. Salah tahan pecah, dan anti gores, Gorilla Glass juga mempunyai ukuran terbilang sangat tipis, yaitu berkisar antara 0,5 mm hingga 2 mm, lebih tipis dari sehelai rambut, serta mudah dibersihkan.

Kemampuan unik Produk Gorilla Glass ini dikarenakan prosesesi pembuatan yang sangat baik. Gorilla Glass dibuat melalui proses peleburan bahan pembuat kaca dengan tingkat presisi tinggi. Pengerjaannya pun dilakukan secara otomatisasi, sehingga menghasilkan permukaan kaca yang bersih, halus rata dan jernih. Corning mengklaim memiliki teknik khusus dalam membuat Gorilla Glass, yang salah satu keunggulannya yaitu tidak memerlukan proses grinding dan polishing.

Proses pembuatan kaca setengah jadi, akan melalui proses penukaran ion. Yaitu proses pemberian kekuatan pada kaca secara kimiawi. Caranya, kaca dicelupkan pada wadah panas yang berisi bahan garam leleh pada suhu 400°C. Selanjutnya ion sodium dalam jumlah kecil akan terlepas dari kaca, dan akan digantikan dengan ion potassium dalam jumlah banyak yang berasal dari lelehan garam tadi. Ion potassium ini akan melapisi kaca dan akan dimampatkan bersamaan dengan mendinginnya suhu kaca tersebut. Sehingga menghasilkan lapisan yang bertindak bagaikan “baju baja” pada kaca. Proses penukaran ion inilah yang membuat Gorilla Glass dapat dibuat dalam ukuran yang tipis tapi tetap kokoh.

Jadi dengan hadirnya beberapa jenis smartphone seperti Samsung Galaxy Note dan Samsung Galaxy SIII yang sudah dibekali Layar Gorilla Glass, tentunya akan membuat para penggunanya tidak perlu lagi merasa khawatir layar akan pecah atau tergores. Selain mudah dibersihkan, layar ponsel dengan teknologi Gorilla Glass ini tidak memerlukan lapisan pelindung sejenis screen protector. Jadi, lebih hemat dan lebih gaya tentunya.

produk Gorilla Glass dapat dilihat di http://www.corninggorillaglass.com/

0 komentar:

Post a Comment