Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Tips Untuk Gigi Sehat dan Kuat

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Gigi yang sehat dan kuat pasti adalah dambaan setiap orang. Gigi erat hubungannya dengan mulut dan makanan, bila gigi kita bermasalah tentu tidak akan berakibat baik, kita tidak akan bisa mengkonsumsi semua jenis makanan, bahkan makanan favorit kita icon sad Tips Untuk Gigi Sehat dan Kuat . Apalagi bila gigi kita sudah terlanjur rusak, bolong atau keropos, mau tidak mau kita harus mengunjungi dokter gigi selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akibat kerusakannya pun tidak akan hilang dan kembali seperti semula. Karena itulah pentingnya kita melakukan perawatan gigi agar tidak menyesal dikemudian hari, berikut ini beberapa tips agar gigi tetap bersih, sehat, dan kuat :
1. Bersihkan mulut dan gigi secara teratur, yakni dengan mengosok gigi 2 kali sehari setiap harinya.
2. Usahakan berkumur dengan air beberapa kali sehari, yang dianjurkan adalah 3-5 sehari sesudah makan gunanya adalah untuk membersihkan dan menyegarkan mulut dari sisa sisa makanan atau asam yang dapat merusak gigi.
3. Jangan lupa membersihkan tenggorokan, dinding dinding mulut dan lidah. Untuk tenggorokan dapat mengunakan campuran lemon dan garam untuk kumuran, sedangkan untuk lidah dapat mengosokan irisan jahe ditambah garam yang digosokan secara perlahan pada permukaannnya.
4. Hindari pengunakan tusuk gigi atau sejenisnya untuk membersihkan sisa makanan dimulut, hal ini dilakukan karena pengunaan tusuk gigi dapat menyebabkan gusi terluka yang memungkinkan terjadinya infeksi pada mulut.
5. Untuk makanan yang tersangkut disela gigi sebaiknya dibersihkan mengunakan benang gigi (dental floss) yang lebih aman dari kemungkinan terluka atau infeksi.
6. Kunyahlah makanan yang masuk kurang lebih 32 kali sebelum ditelan, lah kok bisa?? harusnya makin banyak mengunyah tentu mempersering pengikisan email gigi, kuncinya adalah dengan banyaknya pengunyahan yang dilakukan produksi air liurpun meningkat, air liur ini fungsinya selain sebagai pelumas antar gigi juga membantu mencegah menetralisir asam lambung ke mulut, asam ini juga salah satu zat yang mengikis email gigi. Selain untuk gigi mengunyah juga ikut membantu rahang untuk lebih sering bergerak sehingga rahang menjadi lebih kuat.
7. Memperbanyak produksi alir liur seperti poin diatas fungsi air liur sebagai pelumas dan penetralisir asam lambung, air liur juga dapat membersihkan partikel makanan yang tersisa dimulut. Cari lain meningkatkan produksi air liur misalnya dengan menempelkan kapulaga atau irisan jeruk lemon.
8. Jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu keras, mengunakan gigi terlalu keras juga dapat merusak email gigi misalnya untuk memecahkan biji-bijian, tulang, atau mungkin kelapa :p, disarankan mengunakan alat lain baru kemudian dimakan.
9. Hindari makan atau minum sesuatu yang sangat panas atau dingin. Perubahan suhu yang mendadak pada gigi dapat menyebabkan rusaknya lapisan email gigi, bila terjadi terlalu sering bukan tidak mungkin gigi anda akan patah.
10. Bila memungkinkan cobalah makanan yang dapat membantu membersihkan gigi misalnya mengunyah batang tebu, jambu biji, atau buah frambus (lebih terkenal dengan nama raspberry hitam bisa dibeli di supermarket besar).
11. Penuhi kebutuhan gizi yang seimbang, banyak lah mengkonsumsi terutama buah dan sayur karena banyak mengandung tambahan vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.
12. Usahakan lakukan pemeriksaan dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan. Walau tidak ada masalah dokter dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum gigi kita rusak misalnya pembersihan karang atau karies gigi.

Sebagai bonus ada juga tips mengosok gigi yang baik dan benar J
1. Bersihkan bagian dalam dan luar permukaan gigi dengan arah gerakan memutar berlawanan, untuk gigi atas gunakan gerakan memutar kebawah, untuk gigi bawah gerakan memutar keatas, dan bersihkan bagian dalam gigi dengan gerakan putaran dari dalam ke luar.
2. Sesekali gosok juga bagian gusi lakukan gerakan tekan putar pada sikat dengan lembut, gerakan ini membantu melancarkan peredaran darah di dalam gusi.
3. Untuk bagian gigi geraham yang paling belakang lakukan secara bergantian dari dalam ke luar, luar ke dalam, depan ke belakang dan belakang ke depan. Hal ini dilakukan karena permukaan pada gigi ini cenderung tidak rata sehingga paling memungkinkan adanya sisa makanan.
4. Percuma menyikat gigi secara horizontal dari 1 sisi ke sisi lain karena hasilnya tidak efektif.
5. Kualitas bulu sikat sangat mempengaruhi keefektivitasan menyikat gigi. Sehingga sebaiknya gantilah sikat gigi bila bulu sikat sudah rusak terasa tidak nyaman digunakan.
6. Lamanya pembersihan mulut ideal adalah 5 menit. Hal ini termasuk. Kegiatan : sikat gigi, berkumur untuk bagian atas dan bawah mulut, bagian samping pipi, lidah, dan tengorokan.
Sekian tips dari kami semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 komentar:

Post a Comment