Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Apa itu SEO on page dan off page

Posted by Adminai 0 komentar

Ada dua jenis teknik SEO yang biasa dilakukan agar website/situs/blog kita dapat ditemukan (di-index) di search engine. Bukan sekedar berhasil diindeks, tetapi bagaimana caranya agar url blog kita dapat tampil di halaman pertama search engine. Istilahnya memiliki Search Engine Results Page.  Dua teknik SEO itu adalah :
- On Page dan
- Off Page

On Page, dari namanya berarti di atas halaman. SEO on page adalah teknik SEO yang berfokus pada tema, tampilan desain website dan konten website tersebut. Tampilan desain website perlu dibuat sesuai dengan tema website tersebut agar pengunjung betah berlama-lama di website. Upayakan konten website cukup lengkap. Caranya, cantumkan link ke postingan lain di website yang sama. Pada bagian akhir konten dicantumkan daftar url yang memiliki tag/keyword yang sama. Hal yang terakhir ini sering diaplikasikan melalui related pages.

Off Page, berarti di luar halaman. SEO off page ini berfokus pada pada banyaknya link yang mengait pada website/situs atau blog tersebut. Untuk membangun link-link ini bisa dilakukan dengan mengikuti milis (mailing list), pengiriman email, mengisi komentar pada website/blog lain (blogwalking), chatting, mengisi buku tamu dan sebagainya. Saat ini penggunaan media sosial seperti facebook dan tweeter digunakan sebagai SEO off page yang efektif. Caranya dengan membuat potongan informasi yang menarik, buat calon visitor penasaran, maka dapat dipastikan mereka akan meng-klik url yang kita sediakan. Tentu url yang mengarah ke blog yang kita miliki.

0 komentar:

Post a Comment