Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

Posted by Adminai 0 komentar

Berapa backlink yang anda punya? Apakah sudah cukup banyak? Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya bahwa pada dunia blog, backlink sangat penting untuk meningkatkan page rank dan kualitas SEO . Tidak ada ukuran angka pasti berapa yang disebut banyak atau sedikit, yang pasti semakin banyak jumlah backlink, akan meningkatkan nilai blog di mata search engine. Jadi, ayo perbanyak jumlah backlink.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink gratis (khususnya one way backlink) yang dapat kita lakukan, diantaranya sebagai berikut :

1. My Profile dalam account google.
Edit profile sesuai yang kita inginkan. Nah untuk mendapatkan backlink-nya masukkan blog kita di bagian Add Links. Lalu bisa juga di bagian About Me. Masukkan jumlah yang wajar, 2-5, jangan terlalu banyak. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bukan?
Oiya, profile lain seperti di linked.in, facebook juga bermanfaat untuk menambah jumlah backlink.

2. Dummy Blog
Secara singkat, definisi dummy blog adalah blog sekunder kita, bukan blog utama. Dummy blog ini digunakan untuk meningkatkan kualitas blog utama, biasanya untuk menembak keyword ke blog utama, sehingga membuat banyak link ke blog utama. Cara yang paling mudah untuk membuat dummy blog ini dengan cara membuat blog baru, namun resiko-nya dummy blog tersebut pasti masih PR 0 atau bahkan N/A. Butuh sedikit waktu untuk terlebih dahulu meningkatkan page rank dummy blog tersebut agar dapat memberikan support kepada blog utama secara optimal.

Cara yang lebih mahal adalah dengan membeli blog yang memiliki PR tinggi (minimal PR 3). Resiko-nya jelas harus membutuhkan modal, namun proses yang didapat cukup instan. Proses support terhadap blog utama pun harus dilakukan secara tepat, khususnya dalam aktivitas menentukan keyword pada anchor text-nya; harus sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk blog utama yang kita miliki.

3. Join ke situs social bookmark dan blog catalog
Digg, del.icio.us, lintasberita, infogue, blogcatalog, mybloglog, dll merupakan contoh situs social bookmark dan blog catalog. Bila blog kita tampil di sana, artinya kita mendapatkan backlink dari website dengan page rank tinggi. Ada juga situs yang bernama Socialmarker, cukup menarik, karena kita dapat langsung mengirimkan artikel ke 47 situs social bookmark sekaligus.

4. Submit artikel ke situs pemberi backlink gratis
Mengirimkan artikel ke beberapa situs pemberi backlink gratis, seperti :

- http://www.linkalizer.com/ --- PR3
- http://socialogs.com/ --- PR3
- http://ma.gnolia.com/ --- PR4
- http://www.bmaccess.net/ --- PR4
- http://tweako.com/ --- PR4
- http://www.plugim.com/ --- PR4
- http://www.qassia.com/ --- PR 5
- http://www.indianpad.com/ --- PR6
- http://www.hubpages.com/ --- PR 6
- http://www.bibsonomy.org/ --- PR7
- dl

5. Posting komentar dan signature di forum
Jika kita suka aktif di forum, maka di setiap komentar yang kita buat dapat disisipkan link ke blog kita. Begitu juga dengan signature yang juga bisa disisipi link ke blog kita. Selain mendapat backlink gratis, trafik pun akan lumayan meningkat.

6. Membuat artikel yang bermutu
Jika kita membuat artikel yang bermutu dan berguna bagi banyak orang, maka sangat dimungkinkan artikel kita akan di-copy oleh orang lain dan tentunya jika yang meng-copy tersebut memiliki etika blog, maka dia akan mencantumkan link ke blog kita.

7. Memberi komentar di blog dofollow
Memberikan komentar yang disertai link blog kita di blog orang lain yang dofollow jelas akan memberikan backlink gratis buat kita.

Disesuaikan dari slikers.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment