Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

SEO dan Penerapannya

Posted by Adminai 0 komentar

Dalam sebuah website , faktor utama perkembangan website adalah traffic (lalu lintas) pengunjung ke website kita. Traffic merupakan indikator larisnya website kita oleh pengunjung. Ada beberapa faktor untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Mulai dari promosi offline (menyebar brosur, menempelkan sticker nama website kita, mencantumkan nama domain di kartu nama kita, cerita ke teman-teman tentang website kita, dll) hingga melalui aktivitas promosi online. Promosi online sendiri berarti promosi yang dilakukan secara online, memanfaatka media internet. Promosi  secara online ini merupakan satu bagian dari aktivitas SEO (Search Engine Optimization).

Dalam artikel ini akan kita uraikan apa itu SEO, macam-macam SEO, bagaimana melakukannya, dan berapakah cost yang akan kita keluarkan untuk melakukannya.

SEO adalah suatu proses optimasi agar halaman website dapat di kenali/dibaca dengan baik oleh Search Engine (Mesin Pencari), beberapa mesin pencari yang kita kenal yaitu Google, Yahoo, Bing, MSN search, Ask, Baidu, Yandex, dsb. Aktivitas SEO melibatkan halaman yand ada di website, dan juga halaman yang ada di website lain.

Macam-macam SEO secara etika
Dalam hal ini proses SEO dikategorikan berdasar etika ada 2, yakni blackhat SEO dan whitehat SEO. Dari namanya dapat kita duga apa itu blackhat (topi hitam) dan apa itu whitehat (topi putih). Proses dan hasil juga membedakan keduanya. Proses blackhat SEO antara lain membeli traffic (traffic palsu), spamming (menyebarkan email ke alamat email client menggunakan bot). Proses whitehat SEO tergolong lebih lama dan tidak otomatis seperti blackhat SEO, namun hasilnya tentu berbeda, jika menggunakan blackhat SEO website kita akan lebih cepat di Index di mesin pencari namun tidak akan bertahan lama karena tentu mesin pencari akan menghapus website yang dinilai melakukan blackhat SEO dan memasukkannya ke dalam kategori index url atau spamming. Google memberikan sanksi bagi website tersebut berupa deindexing (tidak terindeks di search engine Google) Sangat berbeda jika kita melakukan whitehat SEO atau SEO secara jujur. Website kita akan di Index relatif lebih lama, tapi dapat dipatikan akan bertahan lama selama website tersebut konsisten dengan konten dan kata kuncinya.

Bagaimana Melakukannya
Untuk melakukan aktivitas SEO ini, perlu difahami terlebih dahulu bagaimana sistem kerja dari search engine.
Search Engine menyukai Situs yang berusia tua. Karena relatif mencerminkan kepercayaan. Seperti halnya kita membeli air mineral dengan merek yang lebih terkenal. Karena sudah lama dan terkenal, maka kita tidak ragu akan kualitas yang dimiliki air mineral tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan search Engine meng-index situs yang berusia di bawah 3 bulan. Ada syaratnya, yakni kerja keras melakukan aktivitas SEO.
Search Engine meng-Index situs yang berisi konten original bukan hasil copy-paste dari website lain, jika kita hanya mengisi website kita dengan copy-paste maka ranking kita akan berada di bawah website yang kita copy.
Search Engine mengenali link kita dari sitemap.xml bukan dari menu yang kita design di halaman website, jadi buatlah sitemap.xml di root directory website yang anda miliki.

Search Engine Akan membaca website kita diawali dari title Halaman, usahakan title halaman berkaitan dengan konten dan kata kunci halaman dan hindari "Untitle Document".
Meta Tags Description, Biasanya meta description adalah inti dari konten halaman web.
Penamaan URL secara informatif, contohnya http://www.jagatmotivasi.com/kata-mutiara-ibu/
Hindari kesalahan penulisan. Penulisan kata-kata secara salah ataupun disingkat akan membuat keyword tidak berfungsi dengan baik. Contoh: dialogue, menjadi dia elo gue atau dlg.

Berapa cost yang diperlukan?
Jika mengenai biaya, semua proses SEO adalah gratis dan dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun, namun banyaknya orang yang malas melakukan proses SEO maka bermunculan banyak juga perusahaan-perusahaan SEO. Harga jasa SEO sangat bervariasi, tergantung dari kesulitan. Biasanya berkaian erat dengan kata kunci yang ditembak. Semakin khusus kata kunci yang akan dipakai maka akan semakin murah. Namun jika kata kunci merupakan kata umum misalkan 'baju bayi' maka akan tergolong sangat sulit, akibatnya berimbas pada harga yang tinggi pula.

0 komentar:

Post a Comment