Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menaikkan ranking SERP. Apa itu Disavow Tools?

Kualitas backlink sangat penting untuk menaikkan Search Enginge Ranking Page (SERP). Hal ini diakui Google dengan me-launching tools terbaru: disavow tools. (meskipun Bing sudah ada sejak bulan Juni). Maksudnya?

Jadi begini, point kita di SERP sangat dipengaruhi backlink.  Salah satunya adalah kualitas link dari website lain. Nah, termasuk parameter kualitas adalah kesamaan nice atau topik utama suatu website.

Misal, jika ada website p*rn yang ngefans ke kita dengan menge-link ke website kita, maka akan mengurangi point SERP kita. Dulu, secara sepihak kita tidak bisa apa-apa, pasrah aja.  Tapi, sekarang kita bisa laporkan ke Google. Nantinya Google akan menghilangkan link tersebut dari algoritma & database search engine Google.

Oiya, termasuk bila kita tukeran link. Waspada, karena Google hanya menyukai backlink yang alami. Jadi kalau ketahuan Google, alamat SERP kita nggak naik-naik. Tapi, untunglah jika sekarang telah insyaf J backlink jadi-jadian ini bisa kita hilangkan dengan memasukkan URL link yang tidak kita inginkan ke kotak disavow links.

Caranya mudah, silahkan menuju https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main
disavow links box tools
Masukkan link kita ke disavow links box tools

Masukkan daftar backlink yang ingin kita hilangkan
Masukkan daftar backlink yang ingin kita hilangkan.

Info lebih lanjut, silahkan ke sumber googlewebmastercentral http://googlewebmastercentral.blogspot.co.uk/2012/10/a-new-tool-to-disavow-links.html

Tetapi ingat, harus ekstra hati-hati dalam menggunakan tools ini. Karena jika tidak yakin banget dengan link yang terhubung, sebaiknya tidak gunakan tools ini. Karena, meskipun pemakaiannya mudah, tools ini sebenarnya diperuntukkan bagi advanced webmaster. Hal ini telah diingatkan oleh jubir Google, Matt Cutt


Semoga info tentangdisavow tools ini bermanfaat.

5 komentar untuk "Cara menaikkan ranking SERP. Apa itu Disavow Tools?"

  1. jadi inti utamanya konten sama backlink ya?

    BalasHapus
  2. Iya, secara sederhana, konten dan link.
    Termasuk link on page berpengaruh.

    BalasHapus
  3. iyaiya, cara kerjanya itu menolak link sperti tukar link :)

    BalasHapus
  4. wah, kalau bicara tentang SERP ternyata penting juga ya sob untuk Blog, terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat

    BalasHapus