Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mempercepat Kerja Komputer

5 Cara Mempercepat Kerja Komputer. Secara umum semakin cepat kinerja komputer berbanding lurus dengan produktivitas penggunanya. Untuk membuat kinerja komputer bertambah cepat anda dapat mengikut cara dan tips berikut:

Cara 1: Upgrade spesifikasi komputer dengan yang lebih bagus

Orang yang awam sekalipun tahu cara yang satu ini. Ganti komputer anda dengan komputer yang memiliki spesifikasi lebih bagus / tinggi. Setidaknya / minimal dengan memperbesar kapasitas memori baik cache memory, RAM ataupun RAM VGA komputer sehingga dapat mengurangi / menghilangkan shared memory. Atau mungkin juga dengan mengganti harddisk anda dengan harddisk yang memiliki RPM lebih tinggi.

Cara 2: Hilangkan virus, spyware, malmware, ataupun badware lainnya

Virus, spyware, atau malmware akan mengganggu kinerja komputer anda. Jika ingin kerja/kinerja komputer lebih cepat, sebaiknya pastikan komputer anda bebas dari semua perusak tersebut.

Cara 3: Buang / Hapus program dan software yang tidak anda butuhkan.

Buang dan hapus semua program dan software yang tidak anda butuhkan dari komputer anda. Semakin banyak program/software/service yang digunakan akan membuat kinerja komputer anda menjadi lambat. Kecepatan komputer menurun karena Operating System sibuk melakukan loading service/software terlebih dahulu. Selain itu pilih program yang tidak menyebabkan terjadi konflik satu sama lain.

Cara 4: Maksimalkan kemampuan Operating System(OS) Anda

Gunakan dan maksimalkan kemampuan OS agar kerja komputer dapat menjadi lebih cepat. OS seperti Windows menyediakan berbagai opsi pengaturan komputer. Penggunaan NTFS sebagai file system, atur virtual memory / paging file Windows sesuai dengan yang direkomendasikan, gunakan disk deframenter Windows secara teratur, dan masih banyak lagi.

Cara 5: Optimalkan Penggunaan External Device

Optimalkan penggunaan perangkat eksternal anda seperti modem, flashdisk, CD/DVD, dan lain sebagainya. Pada saat anda menggunakan komputer dan modem anda terkoneksi ke internet, padahal pekerjaan anda dengan komputer tidak membutuhkan koneksi internet, maka bisa jadi program-program yang dapat terhubung ke internet seperti antivirus, Internet download manager, dan yang lainnya akan mencoba koneksi ke internet dan mengecek update program mereka. Kadang hal ini dapat mengganggu dan memperlambat kinerja komputer.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mempercepat Kerja Komputer"