24 Faktor Menentukan Dalam SEO on-page
Keberhasilan sebuah situs menembus
halaman pertama dalam mesin pencarian Google dapat ditentukan oleh
banyak hal. Baik dari jumlah kompetisi, keunikan konten, hingga optimasi
on-page dan off-page.
Pada tulisan kali ini akan dibahas
secara khusus 24 faktor penting yang harusnya selalu ada ketika
seseorang melalukan penulisan konten dengan tujuan SEO yang
tertarget. (Exact & Phrase Keyword). Setiap poin dibawah ini
mengandung kegunaan masing-masing yang apabila digabungkan akan
membentuk sebuah artikel berkualitas yang dikenal dengan baik oleh
search engine, khususnya google. Untuk mempermudah penjelasan, pada
contoh kali ini adalah menggunakan WordPress berikut dengan plugin
AllinOne SEO Pack / Platinum SEO):
1. Judul Mengandung Kata Kunci
Pastikan anda mengisi Judul (META TITLE)
pada setiap konten anda. Karena Judul pada Meta Title ini yang akan
terbaca oleh robot pencari sebagai berikut:
Isian bagian META TITLE pada plugin Platinum SEO/All in One SEO dsb:
2. Judul Dimulai Dengan Kata Kunci
Usahakan agar judul yang anda targetkan,
berawalan dengan kata kunci yang anda bidik. Bila anda menargetkan kata
kunci berkategori phrase atau exact hal ini sangat penting. Dengan kata
kunci pada awalan judul akan membantu pencari menemukan kata kunci yang
mereka cari secara tepat.
3. Judul Terdiri Dari Minimal 3 Kata
Pada bagian Judul (Meta Title) usahakan
jangan sampai kosong! Karena hal ini sangat membantu mesin pencari untuk
mengenali apa dan bagaimana topik artikel anda.
4. Judul Terdiri Dari Maksimal 65 Kata
Maksimal Judul Meta Title yang
ditampilkan oleh hasi pencarian dalam google adalah 60-65 Kata. Jangan
menulis judul anda terlalu panjang karena judul tersebut akan terpotong.
5. Buat Settingan Permalink Pada URL
Bila anda pengguna WordPress, pastikan
anda melakukan modifikasi pada permalinks anda. Apakah yang dimaksud
permalinks? Secara default judul artikel anda adalah cara memperbaiki ponsel. Maka setelah anda melakukan publish/post, alamat website yang menuju pada artikel tersebut akan menjadi: www.situs-anda.com/folder1/G001X5486/02.html
(kurang lebih demikian). Dengan melakukan modifikasi pada permalinks,
maka judul anda akan jauh lebih dikenali baik oleh manusia maupun mesin
pencari seperti berikut: www.situs-anda.com/cara-memperbaiki-ponsel.hmtl
Untuk memodifikasi permalinks agar dapat berfungsi seperti itu, anda dapat masuk kebagian Settings > Permalinks pada bagian dashboard WordPress anda. Lalu centang bagian Custom Structure, lalu ketikkan: /%postname%.html atau /%category%/%postname%.html
6. Meta Deskripsi Terdiri Dari 160 Karakter Maksimal
Meta Deskripsi adalah penjelasan singkat
mengenai artikel yang bersangkutan ditunjukkan seperti gambar berikut.
Pastikan anda mengisi Meta Deskripsi tidak terlalu panjang dan lebih
dari 160 karakter.
7. Meta Deskripsi Mengandung Kata Kunci Didalamnya
Pastikan anda memasukkan kata kunci anda
pada Meta Deskripsi untuk memperkuat kata kunci utama yang sudah
terdapat pada judul (Meta Title)
8. Meta Deskripsi Dimulai Dengan Kata Kunci
Usahakan kata kunci utama anda
diletakkan pada awalan penjelasan dalam Meta Deskripsi anda. Bila tak
memungkinkan boleh juga ditengah-tengah sekitarnya.
9. Isi 2-4 Kata Kunci Utama, Kedua dan Ketiga Sebagai Cadangan
Apabila anda membidik Cara Memperbaiki Ponsel
sebagai kata kunci utama anda. Pastikan kata kunci ini diisi pada kotak
bagian Keyword yang tersedia pada fitur plugin Platinum SEO/AllinOne
SEO Pack dsj. Letaknya tepat dibawah kotak isian Meta Description.
Alangkah baiknya anda mengisi 2 – 4 Kata kunci cadangan lainnya seperti:
Cara Servis HP, atau Memperbaiki HP. Kemudian isikan juga pada bagian Tag yang ada disebelah kanan panel artikel. Gambar:
10. Gunakan H1 Tag Yang Mengandung Kata Kunci
11. Pada awalan H1 Tag Gunakan Kata Kunci
12. Gunakan H2 Tag Yang Mengandung Kata Kunci
13. Gunakan H3 Tag Yang Mengandung Kata Kunci
H1/H2/H3 dapat menjadi penguat Judul
yang ditulis didalam artikel anda. H1/H2/H3 adalah judul pada paragraf
baru yang dipertebal tersendiri dalam bentuk judul baru terpisah. Oleh
karena itu pastikan bahwa judul H1/H2/H3 terdiri dari kata kunci anda,
bila artikel anda memang menargetkan kata kunci phrase/exact sebagai
target anda. Letak pengaturan pada H1/H2/H3 ada pada bagian paragraft
seperti yang tampak pada gambar dibawah ini:
14. Konten Paling Sedikit Berisi 300 Kata – kata
Usahakan panjang dari konten anda
terdiri dari 300 kata-kata. Umumnya artikel yang berada pada peringkat 3
besar memiliki konten dengan jumlah kata mencapai 300-750 kata. Semakin
panjang semakin bagus apabila ditunjang dengan konten unik yang bukan
hasil copy-paste dari artikel orang lain.
15. Keyword Density atau Jumlah persentase kata kunci yang berulang minimal adalah 4 dalam 300 kata
Pastikan kata kunci yang anda bidik
tersebar disetiap paragraf dalam artikel anda. Dan buat agar penyusunan
dan penggunaan kata kunci tersebut terlihat natural. Penggunaan kata
kunci yang terlalu berlebihan akan dinilai sebagai ‘keyword spoofing’
yang akan merugikan posisi artikel dan situs anda di mesin pencari.
16. Pergunakan kata kunci anda pada 50 – 100 kata pertama dalam artikel anda. (penting!)
Pastikan anda memasukkan kata kunci anda
pada 50 – 100 kata pertama dalam artikel anda. Ini dapat membantu cara
kerja dari Meta Deskripsi anda.
17. Konten terdiri dari gambar image
Hal ini penting untuk memasukkan konten
dan situs anda pada hasil pencarian di google image. Oleh karena itu
pastikan dalam setiap artikel minimal anda mempunyai satu gambar yang
berhubungan dengan topik yang anda bahas.
18. Pada gambar image beri nama kata kunci anda, berikut pada bagian ALT-nya
Pastikan pada gambar yang anda tulis
telah dinamai dengan kata kunci yang anda bidik yang juga diisi pada
bagian ALT. Seperti berikut:
19. Konten terdiri satu kata kunci yang di Bold (huruf tebal)
Pastikan salah satu dari kata kunci anda
yang tersebar didalam artikel anda telah di pertebal (Bold). Pada kode
html dan robot pencari, mereka membaca kode sebagai <strong>kata
kunci</strong>. Ini dapat memberi petunjuk pada robot mesin
pencari bahwa kata tersebut adalah penekanan terhadap kata tertentu. Hal
ini dapat membantu mempertegas kata kunci yang anda bidik pada mesin
pencari.
20. Konten terdiri dari satu kata kunci yang di Italic (huruf miring)
Penjelasan fungsi dan cara kerja adalah sama seperti kata kunci yang di pertebal (Bold)
21. Konten terdiri dari satu kata kunci yang di Underline (garis bawah)
Penjelasan fungsi dan cara kerja adalah sama seperti kata kunci yang di pertebal (Bold)
22. Salah satu Kata kunci beri sebuah Internal Linking ke halaman lainnya
Pastikan agar kata kunci anda diberi
internal linking (link menuju kehalaman lain yang memiliki artikel
terkait yang berhubungan dengan kata kunci utama)
23. Salah satu kata kunci diberi sebuah External Link ke halaman orang lain
Usahakan agar salah satu kata kunci anda
diberikan juga External (outbound) link ke artikel diluar situs anda.
Anda tidak perlu melakukan hal ini pada semua artikel anda. Link jenis
ini diharuskan apabila anda membangun situs penjualan produk. Sehingga
link tersebut dapat diarahkan pada halaman produk disitus yang
bersangkutan (misalnya Amazon) yang tentunya telah disisipi oleh kode
afiliasi anda.
24. Letakkan kata kunci pada 50-100 kalimat terakhir pada artikel
Agar penyebaran kata kunci anda terkesan
menyebar dan natural, pastikan anda memasukkan kata kunci anda pada 50 –
100 kata terakhir pada artikel anda.
Setelah memperhatikan ke 24 hal diatas,
anda siap melakukan posting pada artikel anda karena semua hal diatas
sudah mencakup hal yang diperlukan oleh mesin pencari untuk mengindex
dan memasukkan artikel anda pada posisi yang lebih baik. Selanjutnya
tinggal bagaimana anda memperkuatnya dengan bantuan Backlink dari situs
lain. Penjelasan mengenai hal ini akan dibahas pada tulisan lainnya.
Posting Komentar untuk "24 Faktor Menentukan Dalam SEO on-page"