Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara Setting Menu Permalinks Wordpress

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Cara Setting Menu Permalinks Wordpress – sebelum melangkah lebih lanjut, alangkah baiknya kita memahami apa yang dimaksud dengan Permalink? Permalink yang merupakan singkatan dari permanen link adalah alamat URL yang menunju ke suatu blog website tertentu. Permalink ini tidak akan pernah berubah tanpa batas waktu alias tidak ada kadaluwarsanya, contohnnya di bawah ini :

http://nbtutorial.blogspot.com/2012/02/cara-pasang-google-plus-di-blog.html
http://nbtutorial.blogspot.com/2012/01/seo-off-page.html

Sedangkan menu Permalinks yang ada pada wordpress bertujuan untuk memudahkan buat pemilik blog dalam menentukan format atau struktur dari permalink yang mereka kehendaki. Perlu di ingat! Jika sering mengubah struktur permalink akan sangat berbahaya bagi blog anda. Dalam mengubah struktur permalink saya menyarankan cukup sekali saja yaitu pada pertama sekali anda membuat blog tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya borken link (link rusak) karena mbah search engine sangat membenci yang namanya broken link. Jika postingan anda sudah banyak akan berdampak terhadap ranking pencarian blog anda. Artinya blog anda akan ngedrop atau down dari posisi ranking teratas. Boleh saja mengubah permalink, akan tetapi dilakukan ketika anda membuat blog baru atau posting blog masih sedikit.

Yuk kita langsung praktek Cara Setting Menu Permalinks Wordpress
Perhatikan langkah-langkah cara setting menu permalink pada wordpress
Langkah awal saya anggap anda sudah berada di dashboard pada wordpress. Lihat gambar di bawah ini


Cara Setting Menu Permalinks Wordpress
Image: KRtutorplus.com
  1. Llihatlah pada menu Settings yang ada disebelah kiri bawah layar monitor kamu, lalu klik setting dan akan muncul sub menu, lalu klik menu Permalinks
  2. Pilihlah struktur permalink Custom Structure saja agar SEO Friendly (disukai oleh search engine).
  3. Category base: Silahkan insert kata kunci yang di inginkan jika ingin merubah alamat permalink dari category ke yang lain. Bila tidak, kosongkan saja.
  4. Tag base: masukan kata kunci yang di inginkan apabila anda ingin mengubah alamat permalink dari tag ke yang lain. Namun jika tidak ingin di ubah, kosongkan saja.
  5. Langkah terakhir klik tombol Save Changes.
  6. Selesai.

Info Tambahan
Saya sarankan untuk tidak menggunakan struktur Default atau Numeric. Pilihlah permalink yang mengandung Post Name atau Judul Post, ini sangat friendly dengan Search Engine Optimization (SEO) untuk kedepannya.
GUEST BLOG: Penulis dibalik Artikel ini:
Bebas Bekarya
 | bebasbekarya.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment