Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Text Area Dengan Fungsi One Click Select

Posted by Herly Deflin 0 komentar
 Sebelumnya ade telah membahas mengenai cara membuat text area kali ini ade memposting bagaimana caranya membuat text area dengan one click select atau highlight.
Text area ini dimaksudkan agar pengunjung blog kita secara mudah hanya dengan meng-klik sekali saja text yang ingin dicopy langsung terblok dan tinggal di klik kanan lalu copy atau menggunakan Ctrl+C.
berikut cara pembuatannya :

Login ke Blogger
Kemudian klik Tata Letak dan Elemen Halaman
Ketika sudah berada di Elemen Halaman klik Tambah Gadget
Lalu pilih HTML/JavaScript (yang biasa dipakai)
Langkah selanjutnya masukkan kode Text Area di bawah ini dengan tulisan yang anda inginkan seperti contoh dibawah ini :







Sebagai contoh :


Text Area Dengan Fungsi One Click Select



Fungsi scroll akan terlihat apabila tulisan atau teks yang berada di dalam text area melebihi dari kapasitas text area tersebut dari panjang dan lebarnya.
Gantilah tulisan yang berwarna merah dengan Tulisan, Kode Link atau apapun yang ingin di taruh di dalam text area tersebut.
Agar anda lebih memahami kode di atas, sedikit akan ade uraikan. Kode di atas mempunyai dua elemen bagian, yakni elemen kode untuk membuat tombol yang bertuliskan Select All, dan yang kedua adalah elemen kode untuk membuat text area.

Berikut penjelasannya :

Elemen tombol Select All :


--> kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right.


--> kode ini artinya ketika tombol Select All di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di select (di tandai atau di blok), jadi anda jangan merubah tulisan ini.


Value="Select All" --> kata Select All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika anda ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan.



Element Text Area :


--> ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika anda ingin text area anda berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right.

-->kata "WIDTH:300px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 300 pixel, jadi jika anda ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, anda tinggal menggantinya dengan angka yang anda inginkan. misal: "WIDTH:700px;"


HEIGHT: 144px --> angka "144px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 144 px, jadi jika anda ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang anda inginkan. Misal : HEIGHT:160px.



Semoga Berhasil
GUEST BLOG: Penulis dibalik Artikel ini:
Ade S
 | adesyams.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment