Informasi Tips Blog Blogger | Seputar Kehidupan Blogger | Software | Games | Gadgets

Cara Mengatasi Penalti Dari Algoritma Google Penguin

Posted by Herly Deflin 0 komentar
Masih membahas seputar algoritma Google Penguin yang menggemparkan dunia blogging akhir – akhir ini. Setelah dirilisnya tanggal 24 April kemarin pastinya banyak situs yang telah menjadi korban dari update algoritma Google Penguin tersebut tak terkecuali dengan salah satu blog yang saya manage...
Jika memang sahabat blogger telah yakin blog anda mendapatkan efek buruk darinya, dan blog sahabat memenuhi beberapa ciri webspam yang ada dalam Algoritma Google Penguin. Ada jalan tengah yang dapat kita ambil yaitu dengan mengirimkan feedback kepada Google, informasi ini bisa sahabat dapatkan dari status twitter yang dibuat oleh Matt Cutts berikut.

Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin

Selengkapnya berikut cara mengatasi penalti dari Algoritma Google Penguin :

1. Evaluasi dan Perbaikan Blog

Google tidak akan mengambil tindakan untuk memasukkan kita ke dalam daftar hitam bila kita tidak melakukan sesuatu yang dianggap google telah keluar batas. Mungkin kita tidak tahu apa kesalahan yang kita lakukan karena tidak ada satu unsur kesengajaan. Karena itu kita evaluasi blog kita, mana yang sekiranya menyebabkan blog tersebut terkena penalti dari Algoritma Google penguin dan lakukan perbaikan blog secara menyeluruh.
Sedikit share tentang penalti yang diberikan oleh Google Penguin, salah satu blog yang saya manage terkena dampak buruknya, yang tadinya masuk dalam halaman pertama Google sekarang telah merosot jauh posisinya dan hampir menimpa keseluruhan content blog. Dalam evaluasi saya blog tersebut mengalami duplicate content, blog tersebut terduplicate secara menyeluruh pada subdomain pada domain utama hosting karena saya menggunakan add on domain jadi dapat diakses dengan nama domain.com dan subdomain.domainutama.com. Untuk sahabat blogger yang menggunakan selft hosting, dan mengaktifkan add on domain silahkan periksa apakah mengalami hal serupa dengan saya. Untuk mengatasi ini saya memindahkan blog yang bermasalah ini kedalam hosting lain. Evaluasi yang kedua, kemungkinan juga content yang saya buat tidak dalam kategori well-researched content sehingga mengakibatkan content dalam blog tersebut kemungkinan besar dianggap melakukan keyword stuffing dengan susunan frase keyword yang masih kurang baik. Untuk masalah ini saya menulis ulang content – content blog yang sekiranya kurang memenuhi syarat dari algoritma Google Penguin. Kalau boleh saran kita usahakan maksimum keyword density berkisar antara 3% - 4%, jangan lebih sebab untuk content saya tersebut rata – ratanya ada yang mencapai 6%.
Bagi sahabat blogger yang saat ini mengikuti kontes SEO, link kontes SEO sangat baik diletakkan pada bagian sitebar blog dengan begitu content apapun yang tak berhubungan dengan link kontes SEO (satu topik) takkan terpengaruh dengan algoritma Google Penguin dan content blog tak akan dianggap memuat link spam.

2. Mengirimkan Feedback Form

Setelah kita memastikan blog telah memenuhi aturan google dan tidak menyimpang sedikitpun darinya. Mari kita kirmkan feedback melalui form seperti dibawah ini.
Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin
Silahkan sahabat isi nama domain yang terkena dampak negatif dari Google Penguin begitu pula dengan keywordnya. Pada bagian comment jangan lupa untuk mengisikan detail perubahan yang terjadi pada blog kita di halaman SERP Google. Terakhir klik tombol Submit dan berdoa.

Uraian di atas adalah cara untuk mengatasi dampak yang disebabkan oleh algoritma Google Penguin. Bagi sahabat blogger yang mendapat penalti lain seperti google dance, google sandbox ataupun lainnya bisa mengirimkan Reconsideration Request, selengkapnya dapat anda baca dalam posting Reconsideration Request, Solusi Mengatasi Masalah Blog di Google.
Semoga ulasan tentang Cara Mengatasi Penalti Dari Algoritma Google Penguin bermanfaat untuk sahabat blogger semua...

Sumber


Artikel Lainnya

0 komentar:

Post a Comment